ESSAY

Writer / NIM
SABARUDDIN / 710519017
Study Program
S2 - HUKUM
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. FENTY U. PULUHULAWA, SH., M.Hum / 0009046804
Advisor 2 / NIDN
Dr. UDIN HAMIM, S.Pd, SH, M.Si / 0014087603
Abstract
ABSTRAK Sabaruddin, NIM : 710519017, Model Pembinaan Anak yang Berkonflik dengan Hukum di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Gorontalo, Prof. Dr. Fenty U. Puluhulawa, S.H., M.Hum, selaku Pembimbing I dan Dr. Udin Hamim, S.Pd., S.H., M.Si, selaku Pembimbing II, Program Studi Magister Hukum Universitas Negeri Gorontalo. Tesis ini bertujuan untuk menganalisis sistem, mekanisme dan prosedur pembinaan anak yang berkonflik dengan hukum di lembaga pembinaan khusus anak kelas II Gorontalo, menganalisis hambatan-hambatan dalam melaksanakan pembinaan anak yang berkonflik dengan hukum di lembaga pembinaan khusus anak kelas II Gorontalo dan menganalisis model pembinaan yang ideal bagi anak yang berkonflik dengan hukum di lembaga pembinaan khusus anak kelas II Gorontalo. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian hukum normatif dengan menggunakan pendekatan peraturan perundang-undangan dan pendekatan kasus. Tehnik analisis bahan yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif terhadap bahan hukum primer dan sekunder. Hasil penelitian tesis ini adalah bahwa sistem, mekanisme dan prosedur pembinaan anak yang berkonflik dengan hukum di lembaga pembinaan khusus anak kelas II Gorontalo mengacu pada undang-undang nomor 12 tahun 1995 dan undang-undang nomor 11 tahun 2012 serta peraturan pemerintah nomor 31 tahun 1999 yang terdiri dari 3 (tiga) tahap yaitu pembinaan tahap awal, pembinaan tahap lanjutan dan pembinaan tahap akhir. Adapun hambatan dalam melaksanakan pembinaan terdiri atas hambatan dari faktor internal seperti organisasi dan tatalaksana, sumber daya manusia, anggaran, sarana dan prasarana dan belum adanya standar model pembinaan anak di LPKA. Sedangkan hambatan dari faktor eksternal seperti Anak yang berkonflik dengan hukum itu sendiri, keluarga dan masyarakat. Penanganan yang ideal yakni melalui model sistem pembinaan terpadu ramah anak yaitu sistem pembinaan anak yang dilakukan secara perorangan maupun secara kelompok sesuai dengan kebutuhan anak dengan melibatkan secara langsung petugas, keluarga, masyarakat dan pemerintah daerah dengan memperhatikan aspek hukum, organisasi dan tatalaksana, sumber daya manusia, anggaran, sarana dan prasarana, sosial budaya serta asas kepentingan terbaik bagi anak. Kata Kunci : Pembinaan, Anak, LPKA
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011