Writer / NIM
MURTONO / 711520024
Study Program
S2 - ADMINISTRASI PUBLIK
Advisor 1 / NIDN
Dr. YANTI ANETA, S.Pd, M.Si / 0004077802
Advisor 2 / NIDN
Dr. ISMAIL DJAKARIA, M.Si. / 0024026403
Abstract
ABSTRAK
Murtono, NIM.711520024, 2022. Kualitas Pelayanan Instalasi Rawat Inap Di RSU Daerah Mokoyurli Kabupaten Buol. Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Dibawah Bimbingan Dr. Yanti Aneta, S.Pd M.Si dan Dr. Ismail Djakaria, M.Si
Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan: 1). Kualitas pelayanan instalasi rawat inap di RSUD Mokoyurli Kabupaten Buol ditinjau dari: a). Tangible, b). Emphaty, c). Reliability, d). Responsiveness, e). Assurance. 2). Faktor yang menentukan Kualitas pelayanan instalasi rawat inap di RSUD Kabupaten Buol ditinjau dari: a). organisasi, b) kepemimpinan, c). kemampuan dan keterampilan, d). penghargaan dan pengakuan
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, lokasi penelitian dilaksanakan di RSUD Mokoyurli Kabupaten Buol. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis menggunakan data kualitatif berdasarkan konsep Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Kualitas Pelayanan rawat inap di RSUD Mokoyurli Kabupaten Buol ditinjau dari: a). Tangible, b). Emphaty, c). Reliability, d). Responsiveness, dan e). Assurance, telah dilaksanakan oleh RSUD Mokoyurli Kabupaten Buol, akan tetapi pada tangible (bukti fisik) belum optimal karena keterbatasan sumber daya berupa sarana dan prasarana seperti alat-alat kesehatan, dokter spesialis, ketersediaan obat, kondisi ruangan yang belum sesuai dengan standar dan masih masih belum optimalnya Responsiveness (daya tanggap) tenaga perawat dalam memberikan pelayanan kepada pasien rawat inap dan masih terjadi human error. Lambatnya respon perawat akan berimplikasi pada kualitas dan kepuasan pasien. Adapun faktor yang menentukan Kualitas pelayanan instalasi rawat inap di RSUD Mokoyurli Kabupaten Buol ditinjau dari: a). organisasi, b) kepemimpinan, c). kemampuan dan keterampilan, d). penghargaan dan pengakuan telah dilaksanakan, namun pada kemampuan dan keterampilan tenaga perawat masih kurang optimal, karena masih terdapat beberapa tenaga perawat yang masih perlu pendampingan dalam menangani pasien serta belum adanya sistem penghargaan dan pengakuan yang diberikan seperti penambahan gaji dalam rangka meningkatkan motivasi dan disiplin tenaga perawat.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Rawat Inap
Download files