ESSAY

Writer / NIM
NOVITA N. TUMULO / 711521001
Study Program
S2 - ADMINISTRASI PUBLIK
Advisor 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Advisor 2 / NIDN
Dr. JURIKO ABDUSSAMAD, M.Si / 0023076707
Abstract
ABSTRAK Novita N. Tumulo. 711 521 001. 2022. Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Akademik Oleh Pegawai Di Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan Universitas Negeri Gorontalo. Tesis Program Studi S2 Administrasi publik, Program Pasca Sarajana, Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Dr. Rosman Ilato, M.Pd dan Dr. Dra. Juriko Abdussamad, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja dan komitmen organisasi secara simultan terhadap kualitas pelayanan akademik oleh pegawai di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Negeri Gorontalo secara parsial maupun simultan. Pendekatan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Metode penelitian adalah expost facto dan desain penelitian korelasional. Teknik analisis data yang digunakan yakni regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan akademik di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Negeri Gorontalo, dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,255 yang berarti bahwa sebesar 25,50% pada alpha 0,01. (2) Komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan akademik di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Negeri Gorontalo, dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,375 yang berarti bahwa sebesar 37,50% pada alpha 0,01. (3) Lingkungan kerja dan komitmen organisasi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan akademik di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Negeri Gorontalo dengan nilai koefisien determinasi sebesar 63,00% pada alpha 0,01. Sedangkan sisanya sebesar 37,00% dapat dijelaskan oleh variabel lain yakni kompetensi pegawai, pengawasan pimpinan, pendidikan dan pelatihan, manajemen karir pegawai dan persepsi penerima layanan akademik. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Akademik, Lingkungan Kerja, Komitmen Organisasi
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011