Writer / NIM
UYUN ARIF / 711521009
Study Program
S2 - ADMINISTRASI PUBLIK
Advisor 1 / NIDN
Dr. YANTI ANETA, S.Pd, M.Si / 0004077802
Advisor 2 / NIDN
Dr. JURIKO ABDUSSAMAD, M.Si / 0023076707
Abstract
Uyun Arif, 2021, Kualitas Pelayanan Publik Pada Pengelolaan Uang Kuliah Tunggal (UKT) di Biro Akadeik, Kemahasiswaan, dan Perencanaan Universitas Negeri Gorontalo Program Studi Administrasi Publik Pascasarjana. Pembimbing: I Dr. Yanti Aneta, S.Pd., M.Si. Pimbimbing: II Dr. Juriko Abdussamad, M.Si.
Tujuan Penelitin ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan publik Kualitas Pelayanan Publik Pada Pengelolaan Uang Kuliah Tunggal (UKT) di Biro Akadeik, Kemahasiswaan, dan Perencanaan Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Selanjutnya data yang dieksplorasi meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulam data adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Bukti Fisik menunjukan bahwa letak gedung, keindahan gedung, suasana dan kenyamanan gedung sudah sesuai harapan mahasiswa dengan melihat letak yang bisa dijangkau oleh mahasiswa dan tidak berdampak pada sekitarnya. Empati menunjukan bahwa aspek tentang keramahan petugas pelayanan memang sudah cukup bagus. Respon menunjukan bahwa kecepatan petugas dalam melakukan pelayanan publik pada pengelolaan Uang Kuliah Tunggal (UKT) di Biro Akadeik, Kemahasiswaan, dan Perencanaan Universitas Negeri Gorontalo masi kurang cepat dan lambat dalam memproses berkas permohonan mahasiswa melalui siat.ung.ac.id sehingga berkas-berkas permohonan menumpuk. Kehandalan menunjukan bahwa sudah sesuai dengan prosedurnya namun belum adanya standar pelayanan yang mengatur dalam hal ini Standar Operasional Prosedur (SOP) yang mangatur terkait dengan pelayanan dispensasi Uang Kuliah Tunggal (UKT). Jaminan menunjukan bahwa semua berjalan dengan proses yang baik namun masi ada hal-hal lain yang perlu diperbaiki terutama soal antrian dan Jaminan keamanan yang ada saat ini sudah cukup baik namun ada beberapa fasilitas keamanan yang perlu diperhatikan lagi terutama berkaitan dengan CCTV.
Kata Kunci: Kualitas, Layanan Publik, UKT
Download files