ESSAY

Writer / NIM
ASPIN MOPANGGA / 714519004
Study Program
S2 - PENDIDIKAN NON FORMAL
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. ABDUL RAHMAT, S.Sos,I., M.Pd. / 0005037806
Advisor 2 / NIDN
DR UMMYSALAM A.T.A. DULUDU, M.Pd / 0015056606
Abstract
ASPIN MOPANGGA. 2021. Kemampuan Guru Dengan Teknik Coaching Dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Di Tk Negeri Pembina Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo. Tesis Program Studi Pendidikan Nonformal Pascasarajana Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I; Prof. Dr. Abdul Rahmat, M.Pd dan Pembimbing II; Dr. Ummyssalam A.T.A Duludu, M.Pd. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui Kemampuan Guru dalam meningkatkan perkembagan kognitif anak di TK Negeri Pembina Tabongo Kabupaten Gorontalo. (2) untuk mengetahui Teknik Coaching yang di gunakan untuk kemampuan Guru dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak di TK Negeri Pembina Tabongo Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kemampuan guru untuk meningkatkan perkembagan kognitif anak bahwa dari beberapa kemampuan guru yaitu; (a) Kemampuan Guru dalam memilih materi, (b) Kemampuan Guru dalam menetapkan metode, (c) Kemampuan Guru dalam memilih Media, (d) Kemampuan Guru dalam merancang Pembelajaran, (e) Kemampuan Guru dalam melaksanakan pembelajaran. Memiliki pengaruh terhadap kegiatan pembelajaran dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak yang secara siginifakan. Dalam hal ini kemampuan pedagogik menentukan keberhasilan guru dalam melakukan pembelajaran kepada anak usia dini. Sedangkan Teknik Coaching merupakan upaya peneliti menghadirkan seorang coach dalam memberikan pandangan terhadap guru sehingga potensi yang dimiliki guru dapat menjadi bagain penting pada perkembangan kognitif anak. (1) Inisiasi, kegiatan ini dilakukan berdasarkan asas Kerjasama yang dilakukan oleh coach dan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada kemampuan guru untuk meningkatkan kognitif anak. (2) Observasi, dalam hal ini kegiatan yang dilakukan dalam upaya pengamatan untuk memberikan informasi dan data apa saja yang dilakukan coach dalam meningkatkan kemampuan coache. (3) Aksi, Aksi dapat dilakukan oleh coachee dalam hal ini guru Bersama-sama dengan coach. (4) Refleksi, Tahap Refleksi adalah komponen yang terpenting dalam proses coaching dan merupakan komponen yang membedakan coaching dengan berbagai kegiatan lain, (5) Evaluasi, setelah dilakukan inisasi dan observasi maka perlu dilakukan penilaian kepada guru dan menjadi bahan perbaikan untuk meningkatkan kemampuan guru melalui Teknik coaching. Kata Kunci: Kemampuan Guru, Teknik Choacing dan Perkembangan Kognitif anak
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011