ESSAY

Writer / NIM
ROENANDER TANAIYO / 716520002
Study Program
S2 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. SASTRO M WANTU, SH., M.Si / 0003096605
Advisor 2 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh strategi guru dalam pembelajaran PPKn pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis strategi guru dalam pembelajaran PPKn pada masa pandemi covid-19 di SMK Negeri 1 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo; (2) menganalisis kendala apa saja yang dialami oleh guru dalam pembelajaran PPKn pada masa pandemi covid-19 di SMK Negeri 1 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo; (3) menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam pembelajaran PPKn pada masa pandemi covid-19 di SMK Negeri 1 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan hasil dalam penelitian ini adalah (1) strategi guru dalam pembelajaran PPKn pada masa pandemi covid-19 ialah mendatangkan siswa langsung kesekolah bagi yang rumahnya berdekatan dengan sekolah, dan bagi siswa yang merasakan kejenuhan dalam proses pembelajaran di masa pandemi covid-19 yaitu mengurangi waktu belajar dari 45 menit ke 35 menit, dan bagi siswa yang satu desa itu bisa bergabung dengan siswa yang lain yang ada di desa tersebut dan belajar di satu titik itu atau dilakukan Home Visite; (2). Kendala yang dialami oleh guru dalam pembelajaran PPKn pada masa pandemi covid-19 yaitu jaringan yang tidak stabil; (3) faktor pendukung guru dalam pembelajaran pada masa pandemi covid-19 ini adalah media pembelajaran, jaringan internet, dan faktor penghambat guru dalam pembelajaran PPKn pada masa pandemi covid-19 adalah kehadiran siswa dalam pembelajaran, keterbatasan waktu pembelajaran, dan yang terakhir adalah jaringan internet. Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu: (1) Strategi guru dalam pembelajaran PPKn pada masa pandemi covid-19 di SMK Negeri 1 Dungaliyo belum maksimal karena masih banyak siswa yang tidak memiliki HP, data internet, dan bahkan terkendala dengan jaringan yang kurang stabil; (2) Kendala yang dialami oleh guru dalam pembelajaran pada masa pandemi covid-19 ini seperti jaringan internet tidak stabil; (3) faktor pendukung guru dalam pembelajaran pada masa pandemi covid-19 ini adalah media pembelajaran, jaringan internet, dan faktor penghambat guru dalam pembelajaran PPKn pada masa pandemi covid-19 adalah kehadiran siswa dalam pembelajaran, keterbatasan waktu pembelajaran, dan yang terakhir adalah jaringan internet. Kata Kunci: Strategi Guru Dalam Pembelajaran PPKn Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMK Negeri 1 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011