ESSAY

Writer / NIM
JUFRIADI S. SAHABAT / 750515004
Study Program
S2 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. NOVRI YOULA KANDOWANGKO, M.P / 0010116809
Advisor 2 / NIDN
Dr. MARINI SUSANTI HAMIDUN, S.Si, M.Si / 0004057006
Abstract
ABSTRAK Jufriadi S. Sahabat. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Melalui Model GI (Group Investigation) Pada Materi Ekosistem dan Pola Interaksi di Kelas X SMA Terpadu Wira Bhakti Gorontalo. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Novri Y. Kandowangko, MP. (II) Dr. Marini Susanti Hamidun, S.Si, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan, mendeskripsikan keefektifan, dan mendeskripsikan kepraktisan perangkat pembelajaran melalui model GI (Group Investigation) pada materi ekosistem dan pola interaksi pada peserta didik kelas X di SMA Terpadu Wira Bhakti Gorontalo. Jenis penelitian yang dilakukan dengan menggunakan model pengembangan Research and Development (R&D) yang menghasilkan produk yang valid, efektif dan praktis. Uji coba perangkat pembelajaran dilaksanakan pada peserta didik kelas X SMA Terpadu Wira Bhakti Gorontalo. Analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu secara kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukan bahwa produk Perangkat Pembelajaran, LKPD dan Modul berbasis Group Investigasi yang telah dikembangkan layak digunakan setelah dilakukan penilaian oleh validator. Jika dipresentasikan rata-rata seluruh skor presentasi yang diperoleh dari semua validator termasuk dalam kategori sangat valid yaitu 96,31. Berdasarkan hasil Tes Hasil Belajar menunjukkan bahwa rata-rata ketuntasan belajar klasikal kelas X IPA SMA Terpadu Wira Bhakti pada uji coba lapangan terbatas sebesar yaitu 92% pada kelas X IPA 3 Sedangkan hasil Tes Hasil Belajar pada uji lapangan utama dengan nilai rata-rata 89% pada kelas X IPA 1 dan X IPA 2. Respon peserta didik menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran, LKPD dan Modul sangat efektif digunakan dalam proses pembelajaran biologi kelas X materi ekostem dan pola interaksinya. Hasil analisis kepraktisan kegiatan guru sebanyak tiga kali pertemuan yang terdiri dari tahap pembelajaran kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup dengan menggunakan perangkat pembelajaran, LKPD dan modul pada kelas X materi ekosistem dan pola interaksinya termasuk dalam kategori terlaksana. Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran, GI (Group Investigation), Ekosistem dan Pola Interaksi ABSTRACT Jufriadi S. Friends. 2015. Development of Learning Tools through the GI (Group Investigation) Model on Ecosystem Material and Interaction Patterns in Class X SMA Terpadu Wira Bhakti Gorontalo. Thesis. Biology Education Study Program. Advisor: (I) Prof. Dr. Novri Y. Kandowangko, MP. (II) Dr. Marini Susanti Hamidun, S.Si, M.Si. This study aims to describe the validity, to describe the effectiveness, and to describe the practicality of learning tools through the GI (Group Investigation) model on ecosystem material and interaction patterns in class X students at SMA Terpadu Wira Bhakti Gorontalo. This type of research is carried out using a Research and Development (R&D) development model that produces products that are valid, effective and practical. The trial of the learning device was carried out on the students of class X SMA Terpadu Wira Bhakti Gorontalo. The data analysis used in the research is quantitative. The results showed that the products of Learning Tools, Student Worksheet and Group Investigation-based Modules that have been developed are suitable for use after being assessed by the validator. If presented the mean of all presentation scores obtained from all validators is included in the very valid category, namely 96.31. Based on the results of the Learning Outcomes Test, it shows that the average completeness of classical learning in class X IPA SMA Terpadu Wira Bhakti in limited field trials is 92% in class X IPA 3, while the results of the Learning Outcomes Test in the main field test with an average value of 89% in class X IPA 1 and X IPA 2. Student responses show that the learning tools, LKPD and Modules are very effectively used in the biology learning process of class X, eco-system material and its interaction patterns. The results of the analysis of the practicality of the teacher's activities were three meetings consisting of the preliminary learning stages, core activities and closing activities using learning tools, LKPD and modules in class X, the ecosystem material and its interaction patterns included in the implemented category. Keywords: Learning Tools, GI (Group Investigation), Ecosystems and Interaction Patterns
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011