ESSAY

Writer / NIM
IRMAWATI DUKO ISHAK / 7601141004
Study Program
S3 - PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. SYAMSU QAMAR BADU, M.Pd / 0003066007
Advisor 2 / NIDN
Dr ABD. HAMID ISA, M.Pd / 0012056006
Abstract
Tujuan utama dari penelitian ini adalah mengetahui realitas program penguatan pendidikan karakter (PPK) di SD Negeri di Kabupaten Gorontalo, mengembangkan model konseptual manajemen pembudayaan nilai-nilai anti korupsi di SD Negeri di Kabupaten Gorontalo, mengetahui implementasi pelaksanaan model pembudayaan nilai-nilai anti korupsi dalam program penguatan pendidikan karakter di SD Negeri di Kabupaten Gorontalo, menggambarkan efektifitas pelaksanaan pembudayaan nilai-nilai anti korupsi dalam program penguatan pendidikan karakter di SD Negeri di Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan landasan teori pembudayaan (enkulturasi) yaitu tata karma, adat istiadat biasanya diturunkan kepada generasi berikutnya melalui proses enkulturasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and development) dengan mengadaptasi model penelitian dan pengembangan ADDIE. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dilakukan melalui : (1) observasi atau pengamatan, (2) studi dokumentasi dan (3) wawancara. (4) Tes. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Negeri 2 Telaga, SD Negeri 1 Limboto, dan SD Negeri 9 Limboto. Hasil penelitian menemukan 1) Kondisi realitas pengembangan program penguatan pendidikan karakter (PPK) di sekolah dasar telah terlaksana dengan sangat baik, tetapi sebagian besar guru dan siswa belum memahami nilai-nilai anti korupsi didalam program penguatan pendidikan karakter. 2) Pembudayaan nilai-nilai anti korupsi disekolah dasar belum terlaksana secara komprehensif. 3) Model pembudayaan nilai-nilai anti korupsi menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan Research and development (R&D), pengembangan produk dilakukan dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE disusun untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pembudayaan karakter guru dan siswa terutama karakter yang anti korupsi. 4) implementasi, pada hasil validasi menunjukkan bahwa semua validator menyatakan bahwa model pembudayaan nilai-nilai anti korupsi dapat digunakan dalam program penguatan pendidikan karakter di Sekolah. 5) Hasil analisis keefektifan model pada buku panduan menunjukkan bahwa model pembudayaan nilai-nilai anti korupsi memenuhi kriteria efektif
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011