ESSAY

Writer / NIM
JHEMS RICHARD HASAN / 7601141005
Study Program
S3 - LINGUISTIK TERAPAN
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. HASANUDDIN, M.Hum / 0031126374
Advisor 2 / NIDN
Dr. HARTO S. MALIK, M.Hum / 0004106604
Abstract
Disertasi ini membahas tentang pengembangan pendekatan berbasis genre yang digunakan dalam pembelajaran essay writing diintegrasikan dengan pemanfaatan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang pengembangan silabus, rencana pembelajaran, panduan implementasi penggunaan Genre Based Approach yang terintegrasi dengan ICT dalam pembelajaran essay writing; dan terakhir untuk mengetahui apakah Genre Based Approach yang terintegrasi dengan ICT efektif untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam pembelajaran writing. Teori tentang pendekatan berbasis genre yang dikembangkan dalam penelitian ini berasal dari Jim Martin dan John Swales (1990) yang kemudian oleh Callaghan dan Rothery (1993) dibuat dalam bentuk teaching learning cycle, meliputi modeling (stage one), Joint construction of a new text (Stage two) dan Independent construction of a new text (Stage three). Berdasarkan penelitian awal tentang analisis kebutuhan dan beberapa penelitian sebelumnya, meskipun teori ini sangat populer, tetapi memiliki beberapa kelemahan yang kemudian oleh peneliti coba dikembangkan menjadi sebuah pendekatan dengan wajah baru. Metode penelitian yang digunakan dalam disertasi ini adalah Research and Development (R&D) Borg & Gall dengan beberapa langkah utama antara lain yaitu: need analysis, perencanaan, pengembangan, Uji coba produk, validasi ahli, revisi produk akhir, dan diseminasi. Dalam penelitian ini, dilakukan pula test untuk mengetahui apakah produk yang dikembangkan ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini menghasilkan sebuah tahapan genre based approach baru dalam pembelajaran writing yang terintegrasi dengan teknologi, dan desain silabus serta rencana pembelajarannya. Penelitian ini juga menghasilkan panduan pelaksanaan pembelajaran dilengkapi dengan materi dan rubrik penilaian. Hasil test yang dilakukan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Pendekatan genre based approach dengan integrasi ICT dalam pembelajaran writing efektif dilihat dari adanya peningkatan hasil tulisan siswa setelah penerapan pendekatan yang baru. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan genre based dalam pembelajaran essay writing menjadi lebih efektif dengan adanya integrasi ICT kedalam setiap tahapannya. Hasil penelitian ini dapat menjadi sebuah alternatif dalam pembelajaran writing, terutama dimasa pandemi sekarang ini.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011