ESSAY

Writer / NIM
LOYS MARSELA TULIYABU / 811410118
Study Program
S1 - KESEHATAN MASYARAKAT
Advisor 1 / NIDN
Dr HERLINA JUSUF, Dra., M.Kes / 0001106308
Advisor 2 / NIDN
LIA AMALIA, S.KM, M.Kes / 0029117909
Abstract
ABSTRAK Loys Marsela Tuliyabu, 811410118. Studi Mutu Pelayanan Kesehatan, Harga Dan Kepuasan Pasien Di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Prof.Dr.H.Aloei Saboe Gorontalo. Jurusan Kesehatan Masyarakat, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Herlina Jusuf, Dra., M.Kes dan Pembimbing II Lia Amalia, SKM, M.Kes Rumah sakit menjadi ujung tombak pembangunan dan pelayanan kesehatan, harga dan kualitas pelayanan sangat penting guna mencapai kepuasan pasien. Rumusan permasalahannya adalah Bagaimana Mutu Pelayanan Kesehatan, harga dan kepuasan pasien di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Aloei Saboe?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Mutu Pelayanan Kesehatan, harga dan kepuasan pasien. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan survei deskriptif. Populasi adalah semua pasien umum di ruang Rawat Inap pada saat penelitian berlangsung yang berjumlah 129 orang. Teknik pengambilan sampel dengan cara Purposive sampling, yang berjumlah35 orang. Pengujian data dilakukan dengan cara manual, instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa Mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Aloei Saboe dilihat dari kategori responsiveness 40,0 %, assurances 37,2 % adalah sangat puas, tangible 34,3 %, reliable 42,9 %, harga 42,85 % adalah puas, Sedangkan untuk kategori empathy42,9 % adalah tidak puas. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara mutu pelayanan dan harga terhadap kepuasan pasien, dari enam kategori penilaian terhadap kepuasan 17 (48,57 %) pasien merasa puas terhadap pelayanan rumah sakit aloei saboe.Rumah sakit sebagai penyedia layanan sebaiknya lebih memprioritaskan kualitas pelayanan terhadap pasien dengan melakukan pelayanan sesuai prosedur yang telah ditentukan. Kata Kunci : Mutu Pelayanan, Harga, Kepuasan Pasien.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011