ESSAY

Writer / NIM
FITRIYANTI YUSUF / 811411029
Study Program
S1 - KESEHATAN MASYARAKAT
Advisor 1 / NIDN
Dr. RAMA HIOLA, Dra.,M.Kes / 0024035403
Advisor 2 / NIDN
SIRAJUDDIEN BIALANGI, SKM, M.Kes / 0017117413
Abstract
ABSTRAK Fitriyanti Yusuf. 811411029. Indeks kepuasan pasien ditinjau dari pelayanan kesehatan puskesmas Limba B Kecamatan Kota Selatan, Kota Gorontalo Jurusan Kesehatan Masyarakat, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr.Hj. Rama P Hiola,Dra, M.Kes. dan Pembimbing II Sirajuddien Bialangi, SKM M.Kes. Kepuasan adalah sebagai tingkat perasaan seseorang setelah membendingkan kinerja atau hasil yang dirasakannya dengan harapannya. Kepuasan pasien juga sebagai indikator pertama dari standar suatu Puskesmas dan merupakan suatu ukuran mutu pelayanan. Lima Indikator pelayanan di Puskesmas yaitu dapat dilihat dari dimensi reliability (kehandalan), responsiveness (ketanggapan), assurance (jaminan), empaty (perhatian), dan tangibles (kenyataan). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui indeks kepuasan pasien ditinjau dari pelayanan kesehatan Puskesmas Limba B Kecamatan Kota Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tehnik persentase. Analisis data dalam penelitian adalah analisis data univariat. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 240 orang dengan sampel sebanyak 150 orang. Pada pengembilan sampel yaitu secara accidental sampling. Hasil penelitian analisis data diketahui bahwa Puskesmas Limba B Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo memberikan pelayanan yang baik dan sesuai yang diharapkan oleh masyarakat. Dimana diketahui bahwa pasien yang datang ke puskesmas limba B mengatakan puas berjumlah 89 orang (59.3%) dan yang mengatakan sangat puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh petugas kesehatan berjumlah 61 orang (40.7%). Disimpulkan bahwa indeks kepuasan pasien dapat dilihat dari beberapa hal, diantaranya : reliability, responsiveness, assurance, empaty, dan tangibles. Diharapkan kepada Masyarakat sebaiknya dapat memanfaatkan layanan kesehatan di Puskesmas dan Pihak Puskesmas harus terus meningkatkan kualitas layanan agar masyarakat merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Kata Kunci: Pelayanan, Kepuasan, Puskesmas Abstract Fitriyanti Yusuf. 811411029. Patient Satisfaction Index in Terms of Health Services of Puskesmas Limba B Subdistrict of Kota Selahru Kota Gorontalo Deparhnent of Public Healtlu Faculty of Sports and Health, State University of Gorontalo. The principal supervisor was Dr. Hj. Rama P. Hiola., Dra, M.Kes and the co-supervisor was Sirajuddien Bialangi, SKlvI, M.Kes. Satisfaction is the level of someone's feeling after comparing the performance or the result felt by the person and the expectation. Patients' satisfaction is the first indicator for the standard of public health center (puskesmas) as well and as a measurement of service quallty. There are five indicators in Puskesmas in which it can be seen from reliability, responsiveness, assuftlnce, empathy, and tangibles dimensions. This research is aimed at finding out patient satisfaction index in terns of health services of Puskesmas Limba B,Kota Selatan sudistrict. This research used quantitative approach with percentage technique. Data analysis was univariate. The populations were 240 people with 150 people as the samples. Sampling used accidental sampling. The result of the data analysis revealed that Puskesmas Limba B Kota Selatan Gorontalo city provides good and appropriate as it expected by the society in which it is known that patients who come to Puskesmas Limba B claim satisfy reached to 89 people (59.3%) and very satisfy to the services given by health workers reached to 6l people (40.7%). Therefore, it concluded that patient satisfaction index can be seen from several points, those are: reliability, responsiveness, as$uance, empathy, and tangibles. It is expected to the society to be able to utilize health services in Puskesmas and Puskesmas should actively improve service quallty in order the society feel satisfied with the services. Keywords: Service, Satisfaction, Puskesmas
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011