ESSAY

Writer / NIM
ABDURAHMAN MAKRUN / 811411138
Study Program
S1 - KESEHATAN MASYARAKAT
Advisor 1 / NIDN
Dra RANY HIOLA, M.Kes / 0013095302
Advisor 2 / NIDN
Dr. SYLVA FLORA NINTA TARIGAN, SH, M.Kes / 0023038203
Abstract
ABSTRAK Abdurahman Makrun. 2018. Evaluasi Program Sekolah Dasar dan Sehat (SDBS) di SDN 33 Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Kesehatan Masyarakat. Fakultas Olahraga dan Kesehatan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Rani Hiola, M.Kes. dan pembimbing II Dr. Sylva Flora Ninta Tarigan, M.Kes Lingkungan sekolah merupakan salah satu lingkungan yang harus dijaga kesehatannya. Pada umumnya siswa kurang memperdulikan kebersihan lingkungan sekolah padahal kebersihan merupakan pangkal dari kesehatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana evaluasi program Sekolah Dasar Bersih dan Sehat (SDBS) di SDN 33 Kota Gorontalo?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi program Sekolah Dasar Bersih dan Sehat (SDBS) di SDN 33 Kota Gorontalo Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pendekatan studi deskriptif. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisa deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini akan dideskripsikan evaluasi program Sekolah Dasar Bersih dan Sehat (SDBS) di SDN 33 Kota Gorontalo. Hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan program SDBS di SDN 33 Kota Gorontalo ditinjau dari perencanaan kegiatan SDBS menunjukkan total skor 8, angka ini dapat dicapai semuanya yakni berjumlah 8. Ditinjau dari sarana dan prasarana menunjukkan bahwa total skor sebesar 94 lebih kecil dari jumlah total indikator yang diamati yakni 114. Sedangkan indikator pembudayaan perilaku SDBS menunjukkan skor yang diperoleh hanya mencapai 40, angka ini lebih kecil dari total indikator telah ditetapkan yakni sebesar 42. Jadi persentase capaian skor hasil pengamatan program SDBS di SDN 33 Kota Gorontalo mencapai 86,6%, pencapaian ini tergolong baik artinya bahwa pihak sekolah dapat melaksanakan program SDBS dengan maksimal. Kesimpulan : Ditinjau dari perencanaan kegiatan SDBS Ditinjau dari sarana dan prasarana mendapat hasil 94 dari total indikator yang di amati 114 indikator. Sedangkan ditinjau dari indikator pembudayaan perilaku SDBS dengan hasil 40 dari total 42 indikator yang dinilai. Dengan presentase mencapai 86,6%. Kata kunci: Evaluasi Program, SDBS ABSTRACT Makrun, Abdurahman. 2018. Evaluation of "Sekolah Dasar dan Sehat (SDBS)" Program in Elementary School SDN 33 Gorontalo City. Undergraduate Thesis. Department of Public Health, Faculty of Sports and Health, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Dra. Hj. Rani Hiola, M.Kes. Co-supervisor: Sylva Flora Ninta Tarigan, S.H., M.Kes Preserving school environment is crucial in promoting the health of its community. Despite this, students often ignore the cleanliness of the school environment.The objective of this research is to explore the evaluation of "Sekolah Dasar dan Sehat (SDBS)" Program in Elementary School, SDN 33 Gorontalo City. It is generated from the problem statement of research. This observational research employed descriptive study approach. Furthermore, the data were examined by using qualitative descriptive analysis; by focusing on the aforementioned program in the research area. The result shows that the implementation of SDBS program, based on the program planning, has satisfied the all the eight standards with a total score of 8. On the other hand, the aspect of facilities and infrastructures only score 94 where it is lower than the total indicator 114. The same trend also applies to the indicator of the efforts in sustaining the program, score 42; it is lower than total indicator score 42. Nevertheless, the percentage of the program implementation is categorized good (86.6%), meaning that the school is able to implement SDBS program effectively. The aspects analyzed in this research regarding the program implementation are 94 out of 114 (facilities and infrastructures), 40 out of 42 (efforts in sustaining the program) with the overall percentage of 86.6%. Keywords: Program Evaluation, SDBS
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011