ESSAY

Writer / NIM
MELLY ADRIANTI MAUKE / 811412003
Study Program
S1 - KESEHATAN MASYARAKAT
Advisor 1 / NIDN
Dr. SUNARTO KADIR, M.Kes / 0018096605
Advisor 2 / NIDN
Dr. LAKSMYN KADIR, S.Pd., M.Kes / 0014037503
Abstract
ABSTRAK Melly Adrianti Mauke. 2016. Gambaran Kebiasaan Makan Ikan dan Aktivitas Belajar Siswa di SDN 05 Dungaliyo, Kabupaten Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sunarto Kadir Drs, M.kes. Pembimbing II Dr. Hj. Laksmyn Kadir, S.Pd, M.Kes. Jurusan Kesehatan Masyarakat, Fakultas Olahraga dan Kesehatan. Universitas Negeri Gorontalo. Salah satu upaya untuk mencukupi kebutuhan gizi sehari-hari adalah dengan mengkonsumsi ikan, ikan sebagai bahan makanan telah teridentifikasi memiliki keunggulan tertentu, ikan memiliki kandungan omega-3 yang didalamnya terdapat DHA dan EPA. Anak pada usia sekolah sangat membutuhkan omega-3 yang terkandung dalam ikan yang dapat meningkatkan kemampuan membaca, mudah dalam mengingat, serta meningkatkan fokus saat menerima pelajaran. Rumusan masalah bagaimana gambaran kebiasaan makan ikan dan aktivitas belajar siswa di SDN 05 Dungaliyo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kebiasaan makan ikan dan aktivitas belajar siswa di SDN 05 Dungaliyo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan populasi seluruh siswa SDN 05 Dungaliyo dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa yang berada di SDN 05 Dungaliyo. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Hasil penelitian yang menggunakan lembar observasi menunjukan bahwa aktivitas siswa tergolong dalam kategori baik dengan tingkat persentase pada kegiatan lisan 50%, kegiatan mendengarkan 65% dan kegiatan menulis 68%. Untuk lembar kuisioner pada indikator kebiasaan makan ikan meliputi jenis ikan yang dikonsumsi siswa, frekuensi makan ikan, dan jenis olahan ikan yang di konsumsi siswa. Untuk indikator aktivitas belajar meliputi kegiatan lisan, kegiatan mendengarkan dan kegiatan menulis. Kesimpulan penelitian ini yaitu dapat diketahui bahwa siswa SDN 05 Dungaliyo memiliki kebiasaan makan ikan dan aktivitas belajar yang sudah tergolong dalam kategori baik. Hal ini terlihat pada hasil persentase jawaban kuisioner yaitu 69% dan hasil observasi aktivitas belajar yaitu 60%. Diharapkan dapat memberikan informasi tentang kebiasaan makan ikan dan aktivitas belajar siswa bagi orang tua dan guru di sekolah. Kata kunci : Kebiasaan, makan ikan, aktivitas belajar, siswa. ABSTRACT Melly Adrianti Mauke, 2016, The View of Fish Consumption and Student Learning Activity toward Students in SDN 05 Dungaliyo, Gorontalo District. Principal Supervisor is Dr. Sunarto kadir Drs, M.Kes. and Co-supervisor is Dr. Hj. Laksymin Kadir, S.Pd, M.Kes. Department of Public Health, Faculty of Sport and Health, state University of Gorontalo. One of the efforts in fulfilling daily nutrition is fish consumption, fish has identified as one of food substance which has special qualify, fish has omega-3 which contains DHA and EPA. Children in school age are highly require omega-3 inside the fish to improve the ability in reading, easy to remember and increase the learning focus. The problem that came out in this research was the view of fish consumption and learning activity toward the students in SDN 05 Dungaliyo, Gorontalo district as well as the aimed at viewing of fish consumption and learning activity toward the students in SDN 05 Dungaliyo. This research used descriptive method and involved by all students in SDN 05 Dungaliyo as the population which consisted of 40 students as the sample. Technique of collecting the data was using total sampling. Based on the findings by using observationsheet showed that student' activity was in good category and the percentage in speaking activity was 50%, listening 65%, writing 68%. In questionnaire sheet particularly the indicator of fish consumption consisted of kinds of fish, the frequency in fish consumption, and fickle of fish. Whereas the indicator of learning activity consisted of speaking, listening, and writing activities. The conclusion of this research had known that the students in SDN 05 Dungaliyo had fish consumption habit and the learning activity was in good category. It could be seen by the percentage result of the questionnaire 69% and the learning observation 60%. It is expected to give information about the fish consumption habit and students' learning activity toward parents and teachers in school. Keywords: Habit, Fish Consumption, Learning Activity, Students.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011