ESSAY

Writer / NIM
DELA SALSABILA PILOMONU / 811417155
Study Program
S1 - KESEHATAN MASYARAKAT
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. HERLINA JUSUF, M.Kes / 0001106308
Advisor 2 / NIDN
Dr. SYLVA FLORA NINTA TARIGAN, SH, M.Kes / 0023038203
Abstract
Puskesmas adalah suatu unit fungsional yang merupakan pusat pengembangan kesehatan masyarakat yang juga membina peran serta masyarakat disamping memberikan pelayanan secara menyeluruhdan terpadu kepada masyarakat di wilayah kerjanya dalam bentuk kegiatan pokok.Puskesmas mempunyai wewenang dan tanggung jawab atas pemeliharaan kesehatan masyarakat dalam wilayah kerjanya. Rumusan masalah dalam penelitian adalah apakah ada tingkat Kunjungan Ke Puskesmas Dungaliyo Di Masa Pandemi Covid-19. Tujuan penelitian untuk mengetahui Tingkat Kunjungan Ke Puskesmas Dungaliyo Di Masa Pandemi Covid-19. Metode penelitian ini adalah deskriptif.Desain penelitian menggunakan purposive sampling.Sampel penelitian adalah masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Dungaliyo berjumlah 160 orang.Analisis data menggunakan analisis univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek pengetahuan dengan kategori baik yaitu 83 orang (51.9%), kategori cukup yaitu 74 orang (46.3%), kategori kurang 3 orang (1.9%). Dan pada aspek keterpaparan berita hoax dengan kategori tinggi yaitu 86 orang (53.8%), kategori rendah yaitu 74 orang (46.3%). Dan pada kecemasan dengan kategori cemas ringan yaitu 17 orang (10.6%), kategori cemas sedang yaitu 74 orang (46.3%), kategori cemas berat yaitu 69 orang (43.1%). Secara umum tingkat kunjungan di Puskesmas Dungaliyo di masa pandemi mengalami penurunan. Masyarakat lebih peduli lagi terhadap informasi-informasi tentang Covid-19 yang beredar. Serta mengikuti perkembangan informasi yang beredar di sosial media ataupun dalam media informasi lainnya, akan menyegarkan kembali pengetahuan yang dapat mencegah penularan Covid-19. Kata kunci: Tingkat Kunjungan, Pandemi, Covid-19 Public Health Center is a functional unit that is a center for community health development the foster community participation besides providing comprehensive and integrated services to the community in its working area in terms of main activities. The Public Health Center has the authority and responsibility in maintaining community������s health in its working area. However, the problem statement of this study is whether or not there is a visit level to Dungaliyo Public Health Center during the Covid-19 pandemic. This study aims to determine the level of visits to the Dungaliyo public health center during the Covid-19 pandemic. This study uses the descriptive method and applies purposive sampling. The research sample is the community in the working area of Dungaliyo Public Health Center, with a total of 160 people. Data analysis uses univariate analysis. The results discover that in the aspect of knowledge, the good category includes 83 people (51.9%), the suffcient category is 74 people (46.3%), and the low category is 3 people (1.9%). On the aspect of exposure to hoax news, the high category is 86 people (53.8%), the low category iis 74 people (46.3%). In addition, the anxiety category with mild anxiety is 17 people (46.1%). In general, the level of visits at Dungaliyo Public Health Center during the Covid-19 pandemic has decreased. The community is more concerned with information about Covid-19 as well as following the advanced information on social media or in other information media to refresh knowledge to prevent the transmission of Covid-19. Keywords: Visit Level, Pandemic, Covid-19.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011