ESSAY

Writer / NIM
RAHMAWATI MARJUN / 821318108
Study Program
D3 - FARMASI
Advisor 1 / NIDN
MADANIA, S.Farm., M.Sc., Apt / 0018058304
Advisor 2 / NIDN
A. MU'THI ANDY SURYADI, M.Farm.,Apt / 0009018801
Abstract
Pelayanan kefarmasian di rumah sakit bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan kefarmasian, melindungi pasien dari penggunaan obat irasional untuk menjaga keselamatan pasien (patient safety), menjamin kepastian hukum bagi tenaga kefarmasian. Quality Assurance (QA) merupakan salah satu dimensi yang digunakan dalam pengukuran kualitas pelayanan, dimana penerapan QA di IFRS bertujuan untuk memberikan kepastian mutu produk dan mutu pelayanan farmasi yang diberikan kepada pasien. Penelitian ini bersifat deskriptif bersifat cross sectional sumber data primer yang diperoleh dari hasil kuesioner dengan kerangka indikator standar QA pada pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Ibu dan Anak Kasih Fatimah Kotamobagu, dengan subjek penelitian sebanyak 5 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa jaminan mutu (quality assurance) internal dalam pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Ibu dan Anak Kasih Fatimah Kotamobagu telah sesuai degan standar quality assurance utamanya dalam aspek struktur organisasi, ukuran kualitas peralatan dan jaminan keselamatan serta distribusi obat dengan nilai keseluruhan berada pada kriteria sesuai (75%), cukup sesuai (15%) dan tidak sesuai (10%)
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011