ESSAY

Writer / NIM
SAPRILIYA KAKU / 821412013
Study Program
S1 - FARMASI
Advisor 1 / NIDN
Dr. WIDYSUSANTI ABDULKADIR, S.Si, M.Si.Apt / 0017127106
Advisor 2 / NIDN
Dr. TETI SUTRIYATI TULOLI, S.Farm. M.Si. Apt / 0020028004
Abstract
ABSTRAK Sapriliya Kaku. 2017. Hubungan Pengetahuan Dengan Kepatuhan Terapi Pasien Hipertensi Rawat Jalan Di RSUD Prof. Dr. H. Aloei Saboe Kota Gorontalo Tahun 2016. Skripsi, Program Studi S1, Jurusan Farmasi, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Widysusanti Abdul Kadir, M.Si., Apt dan Pembimbing II Dr. Teti Sutriyati Tuloli, M.Si., Apt. Hipertensi adalah peningkatan tekanan darah di arteri yang persisten. Di Indonesia hipertensi merupakan penyebab kematian utama ketiga untuk semua umur (6.8 %). Terkontrolnya hipertensi dibutuhkan kepatuhan pasien dalam mengkonsumsi obat. Kepatuhan ini harus dilandasi dengan pengetahuan dari penderita hipertensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan pengetahuan dengan kepatuhan terapi pasien hipetensi di RSUD. Prof. DR. H. Aloei Saboe Kota Gorontalo tahun 2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 80 responden. Analisis data dilakukan secara bertahap mencakup analisis univariat dan bivariat dengan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pengetahuan pasien tergolong baik dengan rata-rata 87,5% dan tingkat kepatuhan pasien tergolong patuh dengan rata-rata 63,8%. Hasil uji Chi-Square menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan kepatuhan terapi hipertensi di RSUD. Prof. DR. H. Aloei Saboe Kota Gorontalo tahun 2016 dengan nilai =0.000 (
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011