ESSAY

Writer / NIM
ISTIQOMAH SA'ADAH / 821417002
Study Program
S1 - FARMASI
Advisor 1 / NIDN
Dr. NUR RASDIANAH, S.Si., M.Si., Apt / 0013057504
Advisor 2 / NIDN
MADANIA, S.Farm., M.Sc., Apt / 0018058304
Abstract
ABSTRAK Istiqomah Sa����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½�¯�¿�½adah, 2021. Evaluasi Pelayanan Farmasi Klinik di Puskesmas Hulonthalangi dan Puskesmas Kota Selatan Kota Gorontalo Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.74 Tahun 2016.Pembimbing I Dr.Nur Rasdianah,S.Si, M.Si,Apt, Pembimbing IIMadania, S.Farm, M.Si, Apt. Pelayanan farmasi klinik adalah pelayanan yang dilakukan oleh tenaga kefarmasian yang memiliki wewenang dan keahlian dalam menjalankan pelayanan kefarmasian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pelayanan farmasi klinik di Puskesmas Hulonthalangi dan Puskesmas Kota Selatan Kota Gorontalo berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 74 Tahun 2016 dan tingkat kepuasan dari pelayanan tersebut. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan accidental sampling dengan jumlah sampel 214. Pengujian data dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 21. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, checklist dan kuesioner. Analisis data yang digunakan yakni univariat menggunakan spss. Hasil penelitian penerapan pelayanan farmasi klinik di Puskesmas Hulonthalangi masuk dalam kategori kurang yakni sebesar 12 (33,33%) yang sesuai dan 24 (66,67%) yang tidak sesuai sedangkan Puskesmas Kota Selatan masuk dalam kategori baik yakni sebesar 26 (72,22%) yang sesuai dan 10 (27,78%) yang tidak sesuai, berdasarkan kepuasan pasien di Puskesmas Hulonthalangi diperoleh persentase pada indikator kehandalan sebesar 72,56%, ketanggapan sebesar 65,12%, jaminan sebesar 75,63%, empati sebesar 69,50% dan bukti langsung sebesar 68,93% sehingga pelayanan farmasinya masuk dalam kategori puas. Sedangkan di Puskesmas Kota Selatan diperoleh persentase pada indikator kehandalan sebesar 78,09%, ketanggapan sebesar 72,40%, jaminan sebesar 73,36%, empati sebesar 70,74% dan bukti langsung sebesar 68,67% sehingga pelayanan farmasinya masuk dalam kategori puas. Kata Kunci : Pelayanan Farmasi, Kepuasan, Puskesmas.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011