ESSAY

Writer / NIM
ALBAR S. ABIDUL / 831408019
Study Program
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Advisor 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Advisor 2 / NIDN
ZULKIFLI LAMUSU, S.Pd. M.Pd / 0025078304
Abstract
ABSTRAK ALBAR S. ABIDUL. NIM: 831 408 019. âPengaruh Metode Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Hasil Lompat Jauh Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Telagaâ. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Risna Podungge S.Pd M.Pd, Pembimbing II Julkifli Lamusu S.Pd M.Pd. Tujuan Penelitian adalah Meneliti besarnya pengaruh metode pembelajaran Explicit Instruction terhadap kemampuan lompat jauh siswa SMP Negeri 1 Telaga. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen (Treatment). Populasi dalam penelitian kali ini adalah Sekolah SMP Negeri I Telaga khususnya pada siswa putra kelas VIII sebanyak 20 siswa. Data Penelitian ini diperoleh dari Test Lompat jauh yang diambil sebelum dilakukan treatment. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t yang sebelumnya data hasil penelitian dilakukan dengan menghitung varians Sâ- (2@i), standar deviasi (S), uji Normalitas data dan Homogenitas data, Uji Perbedaan menggunakan uji Liliefors. Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan: Terdapat pengaruh Explicit Instruction terhadap peningkatan kemampuan hasil lompat jauh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Telaga. Hasil pengujian menunjukkan bahwa t hitung= 8.98 > t table=1.729 pada tingkat kepercayaan 95%. Mengacu pada criteria pengujian yang menyatakan bahwa tolak HO jika thitung (to) > ttabel (tt). maka hal ini Ho ditolak dan Ha diterima, atau dengan kata lain terdapat peningkatan kemampuan Lompat Jauh pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Telaga. Kata Kunci : Explicit Instruction, Lompat jauh
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011