ESSAY

Writer / NIM
RONGKI MAYULU / 831408151
Study Program
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Advisor 1 / NIDN
HENDRO KUSWORO, S.PdKor M.Pd / 0030128103
Advisor 2 / NIDN
ZULKIFLI LAMUSU, S.Pd. M.Pd / 0025078304
Abstract
ABSTRAK Rongki Mayulu. 2012. Pengaruh Metode Pembelajaran Bagian Terhadap Hasil Belajar Roll Belakang Pada Mata Pelajaran Penjasorkes. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan Universitas Negeri Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model pendekatan pretest posttest one group design. Teknik pengumpulan data meliputi tes dan dokumentasi. Jumlah siswa yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah siswa laki-laki sebanyak 20 orang. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diambil suatu simpulan bahwa penerapan metode pembelajaran bagian dapat memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan siswa melakukan rol belakang baik itu roll belakang dengan awalan jongkok maupun roll belakang dengan awalan berdiri. Hal ini sesuai dengan hasil analisis data pada awalan jongkok maupun berdiri nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel. Pada awalan jongkok, nilai thitung 17,67 dan pada awalan berdiri nilai thitung 11,9 sedangkan nilai ttabel 2,95. Nilai ttabel tersebut berdasarkan pada jumlah derajat kebebasan (db) yaitu 19 dengan taraf signifikansi (?) 0,01 atau tingkat kepercayaannya 99 %. Berdasarkan hal ini, dimana penerapan metode pembelajaran bagian dapat memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan siswa melakukan rol belakang baik itu roll belakang dengan awalan jongkok maupun roll belakang dengan awalan berdiri maka hipotesis yang berbunyi bahwa “Terdapat perbedaan antara rata-rata hasil tes awal kemampuan melakukan roll belakang sebelum menerapkan metode pembelajaran bagian dengan rata-rata hasil tes akhir sesudah penerapan metode pembelajaran bagian” teruji dapat dapat diterima. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Bagian, Hasil Belajar, dan Roll Belakang.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011