ESSAY

Writer / NIM
RABIA DJAFAR / 831408237
Study Program
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Advisor 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Advisor 2 / NIDN
MARSA LIE TUMBAL, S.Pd M.Pd / 0023047603
Abstract
ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah “rendahnya kemampuan gerak dasar tolak peluru dan kurang efektifnya strategi pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran. Masalah ini akan diantisipasi dengan menggunakan strategi pembelajaran modifikasi. Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar tolak peluru. Dengan melaksanakan penelitian ini, dapat memberikan manfaat bagi siswa, guru, dan sekolah. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Jika strategi pembelajaran modifikasi diterapkan, maka kemampuan gerak dasar tolak peluru pada siswa kelas VB SDN 46 Kecamatan Hulonthalangi, akan meningkat”. Indikator kinerja, yakni “Jika kemampuan gerak dasar tolak peluru pada siswa yang dikenai tindakan telah meningkat dari 10 siswa atau sebesar 26% menjadi 31 siswa atau sebesar 80% ke atas yang mengalami ketuntasan belajar, maka penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil”. Subyek penelitian adalah siswa kelas VB SDN 46 Hulonthalangi yang berjumlah 39 siswa. Penelitian ini berlangsung sebanyak dua siklus, tiap siklus dilaksanakan dalam empat tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Hasil penelitian tindakan kelas ini menujukkan adanya peningkatan kemampuan siswa yang mencapai pada KKM. Dari jumlah siswa keseluruhan 39 siswa, sebelum dilaksanakan tindakan yang mencapai KKM sebanyak 10 siswa atau 26% dengan daya serap klasikal 60,03. kemudian pada siklus I yang mencapai KKM sebanyak 15 siswa atau 39% dengan daya serap klasikal sebesar 72,95. Terakhir, pada siklus II yang mencapai KKM meningkat menjadi 34 siswa atau 87% dengan daya serap klasikal sebesar 77,82. Untuk hasil observasi kegiatan pembelajaran mengalami peningkatan yang signifikan secara bertahap dalam pelaksanaannya pada setiap siklus. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah hipotesis yang berbunyi “Jika strategi pembelajaran modifikasi diterapkan, maka kemampuan gerak dasar tolak peluru pada siswa kelas VB SDN 46 Kecamatan Hulonthalangi, akan meningkat” diterima. Dan indikator kinerja yang berbunyi “Jika kemampuan gerak dasar tolak peluru pada siswa yang dikenai tindakan telah meningkat dari 10 orang atau sebesar 26% menjadi 31 orang atau sebesar 80% ke atas yang mengalami ketuntasan belajar, maka penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil” terpenuhi. Kata Kunci: Gerak dasar tolak peluru, strategi pembelajaran modifikasi
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011