ESSAY

Writer / NIM
RUKIAH L. PAUDI / 831408243
Study Program
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Advisor 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Advisor 2 / NIDN
MIRDAYANI PAUWENI, S.Pd / 0003058402
Abstract
ABSTRAK RUKIAH L. PAUDI, Nim. 831408243 “Meningkatkan Kemampuan Pengoperan Tongkat Estafet Dengan Cara Non Visual Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe STAD Pada Siswa Kelas V SDN 2 Lauwonu Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo”. Skripsi bimbingan Risna Podungge, S.Pd, M.Pd dan Mirdayani Pauweni, S.Pd, M.Pd., Adapun yang menjadi permasalahan pada penelitian ini yaitu Apakah kemampuan dalam melakukan pengoperan tongkat estafet non visual dapat ditingkatkan melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas V SDN 2 Lauwonu Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo”. Tujuan penelitian ini adalah: untuk meningkatkan kemampuan pengoperan tongkat estafet dengan cara non visual pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Lauwonu Kecamatan Tilango”. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan strategi pembelajaaran kooperatif tipe STAD sehingga kemampuan siswa pada pengoperan tongkat dengan cara non visual meningkat 78,76 dari jumlah siswa yang diberi tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pengoperan tongkat dengan cara non visual meningkat setelah diberi tindakan dan mencapai hasil sesuai yang diharapkan yakni rata-rata nilai 70,76 pada observasi awal, siklus I meningkat sebesar 3 % menjadi 73,76 dan pada siklus II meningkat sebesar 1 % menjadi 74,76 serta pada siklus III meningkat sebesar 4 % menjadi 78,76 dengan demikian maka penelitian dianggap selesai. Berdasarkan penelitian ini, maka diharapkan kepada guru agar memperhatikan metode mengajarnya guna meningkatkan pemahaman siswa akan penggunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD khususnya pada lari estafet dengan cara non visual.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011