ESSAY

Writer / NIM
SAMSUL / 831409090
Study Program
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Advisor 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Advisor 2 / NIDN
UCOK HASIAN REFIATER, S.Pd M.Pd / 0020117703
Abstract
ABSTRAK SAMSUL. Meningkatkan Servis Atas Pada Permainan Bola Voli Menggunakan Model Pembelajaran Explicit Inctruction di SMA Negeri 2 Gorontalo Kelas XI. Dibawa bimbingan Sarjan Mile sebagai pembimbing I dan Ucok H. Refiater sebagai pembimbing II. Masalah yang di ditindaki dalam penelitian ini adalah Apakah Menggunakan Model Pembelajaran Explicit Inctruction Dapat Meningkatkan Servis Atas Pada Permainan Bola Voli Di SMA Negeri 2 Gorontalo Kelas XI? Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan siswa melakukan servis atas dalam permainan bola voli di SMA Negeri 2 Gorontalo kelas XI dengan model pembelajaran explicit inctruction. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Gorontalo. Pengambilan data diambil dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan guru serta evaluasi atas materi yang diajarkan pada setiap akhir tindakan siklus I dan II, kemudian data dianalisis baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran penjaskes yakni pada akhir evaluasi siklus I yang mampu memenuhi nilai kriteria ketuntasan minimal 75 ke atas sudah 15 orang atau 68% dari jumlah 22 orang siswa nilai tersebut belum mencapai indikator yang di tetapkan yaitu 80% akan tetapi hasil akhir pelaksanaan siklus ke II sudah mengalami peningkatan yang baik dimana dari jumlah 22 orang siswa sudah memperoleh nilai 75 ke atas atau 86%. Dapat disimpulkan bahwa Jika guru menggunakan model pembelajaran explicit inctruction maka dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan servis atas pada permainan bola voli di kelas XI SMA Negeri 2 Gorontalo. Kata Kunci: Kemampuan sisiwa dan model pembelajaran explicit inctruction
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011