ESSAY

Writer / NIM
ADHAN ABDULWAHID / 831410028
Study Program
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Advisor 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Advisor 2 / NIDN
EDY DHARMA PUTRA DUHE, S.Pd M.Pd / 0015068103
Abstract
ABSTRAK Adhan Abdulwahid. NIM 831 410 028. Meningkatkan Kemampuan Gerak Dasar Menangkap Bola Melambung dalam Permainan Kasti Melalui Model Pembelajaran Kooperatif pada Siswa Kelas IV SDN 48 Hulonthalangi. Jurusan Pendidikan Keolahragaan, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan, Universitas Negeri Gorontalo. Masalah dalam penelitian ini adalah “rendahnya kemampuan siswa terhadap gerak dasar menangkap bola melambung dalam permainan kasti, dan kurang efektifnya model pembelajaran yang diterapkan. Masalah tersebut akan diantisipasi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif. Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar menangkap bola melambung dalam permainan kasti. Dengan melaksanakan penelitian ini, dapat memberikan manfaat bagi siswa yang berhubungan hasil belajar, guru yang berhubungan dengan peningkatan kualitas pembelajarannya, dan sekolah yang berhubungan dengan peningkatan mutu pendidikan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Jika model pembelajaran kooperatif diterapkan, maka dapat kemampuan gerak dasar menangkap bola melambung dalam permainan kasti pada siswa kelas IV SDN 48 Hulonthalangi” meningkat. Indikator kinerja, yakni “Jika kemampuan gerak dasar menangkap bola melambung dalam permainan kasti pada siswa kelas IV SDN 48 Hulonthalangi yang mencapai pada nilai 75 ke atas, meningkat dari 35% menjadi 80% ke atas, maka penelitian dinyatakan selesai”. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 48 Hulonthalangi yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini berlangsung sebanyak dua siklus, tiap siklus dilaksanakan melalui empat tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Hasil penelitian tindakan kelas ini menujukkan adanya peningkatan kemampuan siswa yang mencapai pada kriteria keberhasilan. Dari jumlah siswa keseluruhan 20 orang, maka pada siklus I mencapai ketuntasan sebanyak 11 orang atau 55% dengan daya serap klasikal sebesar 75,03. Pada siklus II ketuntasannya meningkat menjadi 17 orang atau 85% dengan daya serap klasikal sebesar 79,89. Untuk hasil observasi kegiatan pembelajaran mengalami peningkatan yang signifikan secara bertahap dalam pelaksanaannya pada setiap siklus. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah hipotesis yang diajukan, diterima. Kata Kunci: Kemampuan gerak dasar menangkap bola melambung, permainan kasti, model pembelajaran kooperatif.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011