ESSAY

Writer / NIM
SUKRIANTO AMIRI / 831410032
Study Program
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Advisor 1 / NIDN
UCOK HASIAN REFIATER, S.Pd M.Pd / 0020117703
Advisor 2 / NIDN
MIRDAYANI PAUWENI, S.Pd / 0003058402
Abstract
ABSTRAK Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan keterampilan senam aerobik melalui metode bagian-keseluruhan pada siswa kelas X6 SMAN 4 Kota Gorontalo. Hipotesis tindakan yakni"jika metode bagian-keseluruhan ini diterapkan, maka keterampilan senam aerobik siswa kelas X SMA Negeri 4 Kota Gorontalo akan meningkat." indikator kinerja Jika persentase siswa yang sudah mampu dalam hal penguasaan keterampilan senam aerobik, bila minimal 80% siswa yang menjadi subyek penelitian sudah mampu menguasai rangkaian gerakan senam aerobik, dengan kriteria penilaian (KKM) 75%, maka penelitian di nyatakan berhasil.Penelitian ini merupakan suatu jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di sekolah SMAN 4 Kota Gorontalo. Dengan Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X6 SMAN 4 Kota Gorontalo dengan jumlah siswa 21 orang, putri berjumlah 2 orang dan putra berjumlah 19 orang. Pengambilan data dapat dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan guru, serta evaluasi terhadap materi yang di ajarkan pada setiap siklus kemudian dianalisis baik secara kualitatif maupun secara kuantitatif, berdasarkan analisis data diletahui terjadi peningkatan rata-rata kemampuan keterampilan senam aerobik yakni: pada observasi awal rata-rata kemampuan keterampilan senam aerobik sebesar 39,23%. Setelah diadakan tindakan siklus I terjadi peningkatan 56,57% dan pada tindakan siklus II diperoleh hasil capaian sebesar 75,80%, jadi hipotesis yang dinyatakan: "jika metode bagian-keseluruhan ini diterapkan, maka keterampilan senam aerobik siswa kelas X6 SMAN 4 Kota Gorontalo akan meningkat. dapat diterima. Kata Kunci: Keterampilan Senam Aerobik, Metode Bagian-Keseluruhan,
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011