ESSAY

Writer / NIM
ABD. RAIS DJAFAR / 831410049
Study Program
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Advisor 1 / NIDN
Dra. NURHAYATI LIPUTO, M.Pd / 0002095703
Advisor 2 / NIDN
MIRDAYANI PAUWENI, S.Pd / 0003058402
Abstract
ABSTRAK Tujuan penelitian untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar lompat harimau melalui strategi pembelajaran modeling pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Satap Tabongo. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subject penelitian 22 siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Satap Tabongo. Hipotesis tindakan jika menggunakan strategi pembelajaran modeling, maka keterampilan gerak dasar lompat harimau pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Satap Tabongo dapat ditingkatkan dengan indikator kinerja apabila rata-rata kemampuan siswa mencapai 80%. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian bahwa dengan dua siklus ini indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 80% tercapai dengan baik. Hasi penelitian menunjukan peningkatan keterampilan gerak dasar lompat harimau melalui strategi pembelajaran modeling. Observasi awal 58,62% meningkat sebesar 11,2% menjadi 69,82% pada siklus I. Selanjutnya pada siklus II meningkat sebesar 11,18% yakni dari 69,82% menjadi 81%. Sesuai indikator kinerja 80% maka hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa jika menggunakan strategi pembelajaran modeling, maka keterampilan gerak dasar lompat harimau pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Satap Tabongo akan meningkat dapat diterima. Dari hasil penelitian dan pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran modeling, maka dapat meningkatkan keterampilan gerak dasar dalam melakukan lompat harimau. Terbukti dari siklus ke siklus keterampilan gerak dasar lompat harimau siswa telah mengalami peningkatan di setiap aspek teknik dasarnya. Kata Kunci: Lompat Harimau, Strategi Pembelajaran Modeling
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011