ESSAY

Writer / NIM
MARTEN NUNA / 831410147
Study Program
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Advisor 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Advisor 2 / NIDN
UCOK HASIAN REFIATER, S.Pd M.Pd / 0020117703
Abstract
ABSTRAK Marten Nuna. 2010, Nim 831410147. Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas XI IPS 2 SMAN 1 Limboto Terhadap Tolak Peluru Gaya Menyamping Melalui Metode Modeling. Skripsi, Program Studi S1-Penjaskes, Jurusan Pendidikan Keolahragaan, Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan dan Keolahragaan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Drs. Sarjan Mile, MS dan Pembimbing II: Ucok H. Refiater, S.Pd, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Limboto terhadap Tolak peluru gaya menyamping. Cara pemecahannya dilakukan dengan menggunakan metode modeling. Dalam penggunaan metode ini salah satu siswa menjadi model yang akan diikuti oleh siswa lain dalam melakukan Tolak peluru. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Limboto terhadap Tolak peluru gaya menyamping melalui metode modeling. Dengan indikator kinerja adalah jika presentase rata-rata jumlah siswa yang sudah mampu melakukan Tolak peluru gaya menyamping dapat di tinggkatkan minimal 80%. Data diambil dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan guru dan siswa serta evaluasi atas materi yang diajarkan pada setiap siklus. Kemudian data dianalisis, berdasarkan analisis data maka diketahui penggunaan metode modeling dapat meningkatkan kemampuan Tolak peluru siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Limboto dari rata-rata nilai 66,57% menjadi rata-rata nilai 88,12%. Dari hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode modeling dapat meningkatkan kemampuan siswa terhadap Tolak peluru. Terbukti dari siklus I 79,94% dan siklus II 88,12%, kemampuan siswa telah mengalami peningkatan. Kata Kunci: Tolak Peluru, Metode Modeling
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011