ESSAY

Writer / NIM
ARDIANTO T. SIATAN / 831410172
Study Program
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Advisor 1 / NIDN
Dr AISAH R POMATAHU, mkes / 0020055808
Advisor 2 / NIDN
RUSLAN / 0017087802
Abstract
ABSTRAK ARDIANTO T. SIATAN / 831410172 "Meningkatkan Kemampuan Heading Pada Permainan Sepak Bola Melalui Model Pembelajaran Problem Solving Pada Siswa Kelas VII2 SMP Negeri 8 Kota Gorontalo" Dosen Pembimbing 1 Dr. Hj. Aisah R.Pomatahu.Dra,M.Kes dan dosen pembimbing 2 Ruslan S.Pd, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran penjasorkes khususnya pada materi sepak bola (heading) masih kurang efektif. tujuan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah : "untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa menyundul bola (heading) dalam permainan sepak bola melalui model pembelajaran Problem Sulving pada siswa kelas VII2 SMP Negeri 8 Kota Gorontalo.". Hipotesis tindakan yakni "jika model pembelajaran Problem Sulving ini diterapkan maka kemampuan siswa dalam menyundul bola (heading) pada permainan sepak bola akan meningkat.." indikator kinerja. bila 75% siswa yang diteliti dapat melakukan Heading dengan baik, maka penilaian tersebut dinyatakan selesai. Sesuai dengan Standar ketuntasan mengajar pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP). Penelitian ini merupakan suatu jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di sekolah SMP Negeri 8 Kota Gorontalo. Dengan Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII2 SMP Negeri 8 Kota Gorontalo dengan jumlah siswa 24 orang, putri berjumlah 5 orang dan putra berjumlah 19 orang. Pengambilan data dapat dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan guru, serta evaluasi terhadap materi yang di ajarkan pada setiap siklus kemudian dianalisis baik secara kualitatif maupun secara kuantitatif, berdasarkan analisis data diletahui terjadi peningkatan rata-rata kemampuan melakukan heading yakni: pada observasi awal rata-rata kemampuan hasil belajar melakukan heading sebesar 53.93%. Setelah diadakan tindakan siklus I terjadi peningkatan 67.40% dan pada tindakan siklus II diperoleh hasil capaian sebesar 81.63%, jadi hipotesis yang dinyatakan: "jika model pembelajaran Problem Sulving ini diterapkan maka kemampuan siswa dalam menyundul bola (heading) pada permainan sepak bola akan meningkat.." dapat diterima. Kata Kunci: Hasil Belajar Melakukan Heading, Model Pembelajaran Problem Solving, Siswa SMP.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011