ESSAY

Writer / NIM
ARIPIN .H. SINGGU / 831410212
Study Program
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Advisor 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Advisor 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstract
ABSTRAK Arifin H. Singgu, Skripsi 2017. "Meningkatkan Kemampuan Menerima Tongkat Estafet Dengan Cara Non visual Melalui Metode Explicit Instruction Pada Siswa Kelas XII SMA N 1 Biluhu Kabupaten Gorontalo". Jurusan Pendidikan olahraga, Fakultas olahraga dan kesehatan. Pembimbing I. Risna Podungge S.Pd, M.Pd dan pembimbing II. Suryadi Datau, S.Pd, M.Pd. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah dengan melalui metode explicit instruction dapat meningkatkan kemampuan menerima tongkat estafet dengan cara non visual pada siswa kelas XII SMA N 1 Biluhu Kabupaten Gorontalo ?" Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menerima tongkat estafet dengan cara non visual melalui metode explicit intruction pada siswa kelas XII SMA N 1 Biluhu Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan Tindakan Kelas (PTK) Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XII SMA N 1 Biluhu Kabupaten Gorontalo. Yang berjumlah 22 orang dengan laki-laki 5 orang dan perempuan 17 orang. Dari hasil observasi awal menunjukan bahwa dari 22 jumlah siswa keseluruhan hanya 9 orang yang mampu atau sebesar 41%, kurang mampu 10 orang atau dengan presentase 45%, kurang mampu 3 orang atau dengan presentase 14%. Pada siklus I meningkat menjadi 18 orang yang mampu atau dengan presentase 82%, kurang mampu 3 orang atau dengan presentase 14%, dan tidak mampu 1 orang atau dengan presentase 4% dan pada siklus II meningkat yaitu 22 orang yang mampu atau dengan presentase 100%, kurang mampu 0% dan tidak mampu 0%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas tersebut, disimpulkan bahwa dengan Melalui Metode Explicit Instruction Kemampuan Menerima Tongkat Estafet Dengan Cara Non visual pada siswa Kelas XII SMA N 1 Biluhu Kabupaten Gorontalo meningkat. Kata kunci : Kemampuan Menerima Tongkat Estafet Non visual, Metode Explicit Intruction ABSTRACT Arifin H. Singgu, Thesis 2017. "Improving Ability to Receive Stick Relay With Non-visual Way Through Explicit Instruction Method In Students of Class XII SMA N 1 Biluhu KabupatenGorontalo". Department of Sport education, Faculty of sports and health. Counselor I. Risna Podungge S.Pd, M.Pd and mentor II. Suriyadi Datau, S.Pd, M.Pd. Problem formulation in this research is "Whether by explicit instruction method can improve the ability to receive baton relay in non visual way in grade XII students SMA N 1 Biluhu Gorontalo regency?" The purpose of this research is to improve the ability to receive baton relay in a non-visual way through Explicit intruction method in grade XII students of SMA N 1 Biluhu Gorontalo Regency. This research using Class Action (PTK) This research was conducted on the students of class XII SMA N 1 Biluhu Gorontalo District. That numbered 22 people with men 5 people and women 17 people. From the results of preliminary observations showed that of 22 total students only 9 people capable or 41%, less able 10 people or with percentage 45%, less able 3 people or with percentage 14%. In the first cycle increased to 18 people who can or with percentage 82%, less capable 3 people or with percentage of 14%, and can not afford 1 person or with 4% percentage and on the second cycle increased by 22 people who can or with percentage 100% , Less able 0% and can not afford 0%. Based on the results of this classroom action research, it is concluded that through the Explicit Instruction Method The Ability to Receive Non-visual Sticking Tongue in the Class XII students of SMA N 1 Biluhu Kabupaten Gorontalo increases. Keywords: Ability to Receive Non-visual Relay Staff, Explicit Intruction Method
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011