ESSAY

Writer / NIM
ARIANTO HALUTI / 831411045
Study Program
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Advisor 1 / NIDN
EDY DHARMA PUTRA DUHE, S.Pd M.Pd / 0015068103
Advisor 2 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Abstract
ABSTRAK Arianto Haluti. 2016. Meningkatkan Teknik Dasar Pukulan Forehand Pada Permainan Tenis Meja Melalui Model Explicit Instruction Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kabila. Prodi Penjaskes, jurusan Pendidikan Keolahragaan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Edy Putra Duhe, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Risna Podungge, S.Pd, M.Kes. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan teknik dasar pukulan forehand pada permainan tenis meja melalui metode explicit instruction pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kabila. Subjek penelitian adalah adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kabila yang berjumlah 34 orang terdiri dari 17 laki-laki, dan 17 perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam II siklus dari masing-masing siklus terdiri dari tiga kali tindakan dan satu kali evaluasi dengan indikator pencapaian 80% maka penelitian ini dianggap selesai. Dari data yang diperoleh melalui observasi awal capaian keseluruhan siswa 58,50. Dan diberi tindakan pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 72,88. Berhubung nilai keseluruhan siklus I belum mencapai indikator kinerja yaitu 80 maka diberi tindakan pada siklus II, pada siklus II ini mencapai 82,68. Melihat pencapaian yang diperoleh siswa pada siklus II maka penelitian ini dinyatakan berhasil. Dengan demikian dapat disimpulkan dari penelitian tindakan kelas ini dengan melalui model explicit instruction dapat meningkatkan teknik dasar pukulan forehand pada permainan tenis meja. Dengan demikian maka hipotetis tindakan dapat dirumuskan sebagai berikut. Jika menggunakan model explicit instruction khususnya meningkatkan teknik dasar pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kabila khususnya dalam melakukan teknik dasar pukulan forehand akan mengalami peningkatan. Kata kunci : teknik dasar pukulan forehand, model explicit instruction, Siswa Kelas X, Sekolah Menengah Atas.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011