ESSAY

Writer / NIM
USMAN NOHO / 831411090
Study Program
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Advisor 1 / NIDN
RUSLAN / 0017087802
Advisor 2 / NIDN
Drs. RUSKIN, M.Pd / 0031125723
Abstract
ABSTRAK Usman Noho. 2016. Meningkatkan Keterampilan Gerak Dasar Service Atas Pada Permainan Bolavoli Melalui Metode Explicit Instruction Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kabila. Prodi Penjaskes, jurusan Pendidikan Keolahragaan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ruslan, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Drs. Ruskin, M.Pd. Tujuanpenelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar service atas pada permainan bolavoli melalui metode explicit instruction pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kabila. Subjek penelitian adalah adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kabila yang berjumlah 30 orang terdiri dari 11 laki-laki, dan 19 perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam II siklus dari masing-masing siklus terdiri dari tiga kali tindakan dan satu kali evaluasi dengan indikator pencapaian 80% maka penelitian ini dianggap selesai. Dari data yang diperoleh melalui observasi awal capaian keseluruhan siswa 44,94. Dan diberi tindakan pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 63,19. Berhubung nilai keseluruhan siklus I belum mencapai indikator kinerja yaitu 80 maka diberi tindakan pada siklus II, pada siklus II ini mencapai 81,27. Melihat pencapaian yang diperoleh siswa pada siklus II maka penelitian ini dinyatakan berhasil. Dengan demikian dapat disimpulkan dari penelitian tindakan kelas ini dengan melalui metode explicit instruction dapat meningkatkan keterampilan gerak dasar service atas pada permainan bolavoli. Dengan demikian maka hipotetis tindakan dapat dirumuskan sebagai berikut. Jika menggunakan metode explicit instruction khususnya meningkatkan ketrampilan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kabila khususnya dalam melakukan ketrampilan gerak dasar service atas akan mengalami peningkatan. Kata kunci : Ketrampilan gerak dasar service atas, metode explicit instruction, Siswa Kelas X, Sekolah Menengah Atas.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011