ESSAY

Writer / NIM
ABDUL MUKMIN SUAIB / 831411118
Study Program
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Advisor 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Advisor 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstract
ABSTRAK Abdul Mukmin Suaib, Nim 831 411 118.Meningkatkan Keterampilan dasar teknik dasar smash pada permainan bola voli melaluli metode group investigation siswa kls x1 ips Sma Negeri 1 Tilamuta Program Studi S1 Pendidikan Keolahragaan. Fakultas Kesehatan dan Keolahragaan Universitas Negeri Gorontalo Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : " apakah dengan metode group investigation dapat meningkatkan keterampilan dasar smash dalam permainan bola voli siswa kelas X1 ips SMA Negeri 1 Tilamuta. Subjek penelitian ini berjumlah 25 orang yang terdiri dari 20 putra dan 5 putri. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk Meningkatkan keterampilan dasar smash pada permainan bola voli siswa kelas X1 Ips SMA Negeri 1 Tilamuta Pelaksanaan penelitian ini di laksanakan dalam II siklus dari massing massing siklus di beri tiga kali tindakan dan satu kali evaluasi. Penelitian dapat dikatakan selesai apabila indikator pencapaian siswa mencapai 80% atau lebih. Dari data yang di peroleh pada observasi awal nilai rata rata siswa 50,67% sehingga masi perlu diberi tindakan pada siklus I. Pada siklus I data yang di peroleh siswa meningkat dengan nilai rata rata 71 %. Namun belum mencapai indikator yang di tentukan sehingga harus di berikan tindakan lagi pada siklus II. Setelah pemberian tindakan dan evaluasi, kemampuan teknik dasar smash dalam permainan bola voli pada siswa kelas X1 Ips SMA Negeri 1 Tilamuta meningkat dengan nilai rata rata 92,33%. Dengan demikian Hipotetis tindakan dalam penelitian ini adalah dengan Metode Group investigation maka kemampuan tehknik dasar smash pada siswa kelas X1 Ips SMA Negeri 1 Tilamuta dapat di tingkatkan. Kata Kunci : smash bola voli, Pembelajaran Group Investigation.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011