ESSAY

Writer / NIM
I PUTU NARDYANTO ANGGARA / 831411120
Study Program
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Advisor 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Advisor 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstract
ABSTRAK I Putu Nardyanto Anggara, Skripsi 2015. "Meningkatkan Keterampilan Dasar Passing Bawah dalam Permainan Bola Voli melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas VII-2 SMP Negeri 2 Gorontalo" Jurusan Pendidikan Keolahragaan, Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan dan Keolahragaan, Universitas Negeri Gorontalo (Pembimbing I Risna Podungge, S.pd, M.pd dan Pembimbing II Suriyadi Datau, S.pd. M.pd). Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw Keterampilan Dasar Passing Bawah dalam Permainan Bola Voli Siswa Kelas VII-2 SMP Negeri 2 Gorontalo dapat ditingkatkan? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dasar passing bawah siswa dalam permainan bola voli melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas VII-2 SMP Negeri 2 Gorontalo. Hipotesis tindakan yakni jika guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, maka keterampilan dasar passing bawah siswa dalam permainan bola voli dapat ditingkatkan. Apabila telah terjadi peningkatan keterampilan dasar passing bawah dalam permaianan bola voli siswa kelas VII-2 SMP Negeri 2 Gorontalo sebesar 90% dari keseluruhan siswa yang menjadi sampel penelitian ini dengan perolehan nilai rata-rata 80 keatas yang tergolong dalam kategori sangat baik, maka penelitian ini dianggap berhasil dan selesai. Penelitian tindakan kelas ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Pengambilan data dilaksanakan pada tahap pemantauan dan evaluasi dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan lembar kegiatan guru. Kemudian data dianalisis baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Berdasarkan analisis data maka dapat diketahui terjadi peningkatan keterampilan dasar passing bawah siswa dalam permainan bola voli melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas VII-2 SMP Negeri 2 Gorontalo, dari observasi awal nilai rata-rata keseluruhan siswa yaitu 54,23, pada siklus I terjadi peningkatan menjadi 71,03, dan pada siklus II peningkatan mencapai 91,88, Maka dapat disimpulkan bahwa melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw Keterampilan Dasar Passing Bawah dalam Permainan Bola Voli Siswa Kelas VII-2 SMP Negeri 2 Gorontalo dapat ditingkatkan. Dengan hasil analisis data tersebut maka hipotesis tindakan teruji kebenarannya yaitu : melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw Keterampilan Dasar Passing Bawah dalam Permainan Bola Voli Siswa Kelas VII-2 SMP Negeri 2 Gorontalo dapat ditingkatkan. Kata Kunci : Passing Bawah, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011