ESSAY

Writer / NIM
RAHMAD IDHA TEGILA / 831411149
Study Program
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Advisor 1 / NIDN
Dr AISAH R POMATAHU, mkes / 0020055808
Advisor 2 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Abstract
ABSTRAK RAHMAD I. TEGILA.2016. Menigkatkan Keterampilan Passing atas dalam Permainan Bola Voli Melalui Model Pembelajaran Teames Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri I Bintauna. Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, Jurusan Pendidikan Keolahragaan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dr. Hj. Aisah R. Pomatahu. Dra. M.kes Dan Pembimbing II. Risna Podungge, S.Pd, M.Pd Masalah dalam penelitian ini adalah : Masih rendahnya pemahaman siswa dalam melakukan Pasing atas. Cara pemecahanya dilakukan dengan menggunakan metode Times Games Tournamen (TGT). Dalam pelaksanaan proses pembelajarannya adalah guru mencari masalah yang dihadapi siswa yang mengakibatkan siswa tidak bisa melakukan teknik Pasing atas tersebut, kemudian guru mencari solusi untuk diberikan kepada siswa yang tidak bisa melakukan gerakan tersebut. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah terjadinya meningkatkan keterampilanPasing ataspada permainan bola Voli setelah diterapkan metode Times Games Tournamen (TGT). Hipotesis tindaakan adalah jika guru menggunakan metode Times Games Tournamen (TGT), maka teknik Pasing Atas pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bintauna dapat di tingkatkan. Indikator kinerja adalah apabila peningkatan keterampilan Pasing Ataspada permainan bola Vol pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bintauna, dan hasilnya mencapai 80% maka penelitian ini dinyatakan selesai. Pengambilan data dilakukan dengan dengan menggunakan lembar pengamatan guru dan siswa serta evaluasi atas materi yang diajarkan setiap siklus. Kemudian data tersebut di analisis baik secara kuantitatif maupun kuailitatif. Berdasarkan analisis data dapat diketahui terjadinya peningkatan skor/nilai rata-rata teknik siswa dalam melakukan teknik Pasing Atas yakni : pada observasi awal skor nilai rata-rata siswa melakukan teknik Pasing Atas sebesar 58 kategori cukup, setelah diadakantindakan siklus I terjadi peningkatan sebesar nilai rata-rata 73, namun masih dalam kategori cukup, kemudian pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 80 dengan kategori baik. Dengan demikian dapat di katakan bahwa hipotesis yang telah diajukan dapat diterima karena terpenuhi Indikator Penelitian. Kata kunci :Keterampilan Passing Atas, Permainan Bola Voli, Model Pembelajaran Teames Games Tournament.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011