ESSAY

Writer / NIM
SIDIQ MUSTOFA / 831411195
Study Program
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Advisor 1 / NIDN
Dr AISAH R POMATAHU, mkes / 0020055808
Advisor 2 / NIDN
ZULKIFLI LAMUSU, S.Pd. M.Pd / 0025078304
Abstract
ABSTRAK Dalam menyampaikan masalah ini, Penulis ingin menyampaikan hal-hal yang terurai sebagai berikut: A. Masalah Kurang mampunya siswa dalam ketampilan lempar cakram sehingga perlu adanya tindakan yang lebih intensif, Barangkali perlu adanya pemilihan metode yang tepat dari guru Pengajar,Kurangminat dan perhatian siswa didalam pembelajaran cabang atletik Lempar cakram. B. Tujuan Meningkatkankebugaran jasmani siswa melalui kegiatan olahraga atletik lempar cakram yang terdiri dari: Cara memegang cakram Sikap badan pada saat akan melempar Cara melempar cakram Sikap ahir setelah melempar. C. Metode Pemberian contoh peragaan lempar cakram oleh Guru tentang peragaan tata cara melempar, Pemberian waktu kepada masing-masing siswa untuk mengadakan kegiatan peragaan melempar cakram, sekaligus mengadakan perbaikan atas kekeliruan siswa sebagaimana diuraikan diatas. Pemberian evaluwasi terhadap kemampuan siswa dalam melaksanakan kegiatan lempar cakram. (Explicit Instruction) " D. Hasil Hasil yang diperoleh dalam kegiatan pembelajaran kususnya tentang lempar cakram akan nampak dari hasil evaluasi yang dicapai siswa sebagaimana diuraikan dalam data berikut: Data observasi awal sebesar 55,40 % dan meningkat pada siklus 1,sebesar 70, atau meningkat 10 % maka dari itu penelitian dilanjutkan kembali pada siklus 2 sehingga data yang diperoleh menjadi 81,25 %.Adapun yang menjadi indikator kinerja dalam penelitian ini adalah apabila terjadi peningkatan keterampilan siswa dalam melakukan tehnik dasar Lempar Cakram sebesar 80%. Pengambilan data dilakukan melalui lembar pengamatan siswa yang telah disiapkan,serta data yang diperoleh di jumlahkankembali dan kemudian dirata - ratakan, dan berdasarkan besarnya peningkatan keterampilan siswa yang diperoleh. maka dengan demikian hipotesis tindakan berbunyi "Jika digunakan metode Pembelajaran Explicit Instruction maka keterampilansiswadalampermainanatletik Lempar Cakram dapat ditingkatkan. E. Simpulan Ketrampilan melempar cakram bagi siswa dapat dibentuk melalui latihan dan peragaan yang teratur. Kata Kunci : Keterampilan Lempar cakram, Melalui metode pembelajaran Explicit Instruction.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011