ESSAY

Writer / NIM
TAUFIK KADIR / 831411200
Study Program
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Advisor 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Advisor 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstract
INTISARI TAUFIK KADIR. Nim 831411200. Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah Dalam Permainan BolaVoli Melalui Model Pembelajaran Explicit Instruction Pada Siswa Kelas XI MIA2 SMA N 1 Kabila. Masalah dalam penelitian ini adalah belum optimalnya pemahaman siswa dalam mengikuti pembelajaran penjaskes tentang materi Passing Bawah pada permainan bolavoli, kurangnya fasilitas yang disediakan oleh sekolah, dan kurang tepatnya model yang digunakan oleh guru penjaskes untuk proses pembelajaran. Untuk memecahkan masalah tersebut digunakan model pembelajaran explicit instruction dilakukan dengan cara menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa, mendemonstrasikan pengetahuan dan keterampilan, membimbing pelatiahan, dan mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keterampilan Passing Bawah dalam permainan bolavoli pada siswa kelas X1 MIA2 SMA Negeri 1 Kabila. Hipotesis tindakan yakni "jika menggunakan model pembelajaran explicit instruction maka keterampilan Passing Bawah pada siswa kelas X1 MIA2 SMA Negeri 1 Kabila dapat ditingkatkan. Indikator dalam penelitian ini adalah apabila keterampilan melakukan Passing Bawah melalui model pembelajaran explicit instruction pada siswa yang menjadi objek dapat ditingkatkan minimal 80%, maka penelitian tindakan kelas dianggap berhasil. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan guru, serta evaluasi atas materi yang diajarkan pada setiap siklus kemudian data analisis baik secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data terjadi peningkatan rata-rata hasil keterampilan Passing Bawah, yakni: pada observasi awal di peroleh nilai rata-rata 41,96%, pada siklus I di peroleh nilai rata-rata 54,21%, kemudian pada pelaksanaan siklus II diperoleh nilai rata-rata 63,31%, dan pada siklus III diperoleh nilai rata-rata 78,83%. Maka penelitian ini dinyatakan berhasil. Jika model pembelajaran explicit instruction dilakukan dalam penelitian ini maka keterampilan Passing Bawah meningkat. Kata Kunci: Passing Bawah, Model Pembelajaran Explicit Instruction
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011