ESSAY

Writer / NIM
CIAN S. HILALA / 831411227
Study Program
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Advisor 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Advisor 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstract
ABSTRAK CIAN S. HILALA, Nim. 831411227. " Meningkatkan Gerak Dasar Servis Bawah Permainan Bola Voli Melalui Model Pembelajaran Direct Instruction Pada Siswa Kelas VIII M.Ts Dulupi". Pembimbing I Drs. Sarjan Mile, M.S, dan Pembimbing II Suriyadi Datau, S.Pd, M.Pd. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini yaitu : " Apakah dengan model pembelajaran Direct Instruction dapat meningkatkan kemampuan servis bawah dalam permainan bola voli siswa kelas VIII M.Ts Dulupi". Subjek penelitian ini berjumlah 20 orang yang terdiri dari 15 orang putra dan 5 orang putri. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan servis bawah pada permainan bola voli siswa kelas VIII M.Ts Dulupi. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus dengan masing - masing siklus diberi tiga kali tindakan dan satu kali evaluasi. Penelitian dapat dikatakan selesai apabila indikator pencapaian siswa mencapai 85%. Dari data yang diperoleh pada observasi awal nilai rata - rata 44,03 (0% dengan kategori "baik"), sehingga masih perlu diberi tindakan pada siklus I. Pada siklus I data yang diperoleh siswa meningkat dengan nilai rata - rata 68,33 (30% dengan kategori "baik"), namun belum mencapai indikator yang ditentukan sehingga harus diberi tindakan lagi pada siklus II. Setelah diberi tindakan pada siklus II maka perolehan nilai rata - rata siswa kelas VIII M.Ts Dulupi mencapai 85,69 (5% dengan kategori "baik" dan 95% dengan kategori "sangat baik"). Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini dapat dikatakan bahwa melalui model Direct Instruction maka kemampuan servis bawah pada siswa kelas VIII M.Ts Dulupi dapat ditingkatkan. Kata Kunci : Servis Bawah, Permainan Bola Voli, Model Direct Instruction.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011