ESSAY

Writer / NIM
ROSNA POMALANGO / 831411246
Study Program
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Advisor 1 / NIDN
Dr AISAH R POMATAHU, mkes / 0020055808
Advisor 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstract

ABSTRAKROSNA POMALANGO, Nim. 831411256 (Skripsi 2014) “Meningkatkan Keterampilan Gerak Dasar Lari Jarak Pendek Melalui Metode Modeling Pada Siswa Kelas V SDN 13 Kabila Kabupaten Bone Bolango”. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi di Jurusan Pendidikan Keolahragan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dan Keolahragan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra. Hj Aisah R. Pomatahu, Dra. M.Kes, Pembimbing II Suriyadi Datau, S.Pd, M.Pd.Masalah yang ditemukan dalam penelitian pada cabang olahraga senam di SDN 13 Kabila yakni apakah metode modeling dapat meningkatkanketerampilan gerak dasar lari jarak pendek pada siswa kelas V SDN 13 Kabila? Metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan tersebut yaitu metode modeling. Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk melihat sejauhmana penerapan gerak dasar lari jarak pendek dengan menggunakan metode modeling pada siswa kelas V SDN 13 Kabila Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango dapat meningkat.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SDN 13 Kabila pada siswa kelas V berjumlah 20 orang siswa. Data penelitian diambil dengan menggunakan lembar pengamatan guru dan siswa, serta evaluasi terhadap materi yang diterapkan pada setiap siklus. Selanjutnya data dikaji secara seksama berdasarkan analisis data yang diketahui bahwa menggunakan metode modeling dapat meningkatkan keterampilan gerak dasar lari jarak pendeksiswa kelas V di SDN 13 Kabila, hasil penelitian tindakan kelas ini adalah metode modeling meningkatkan keterampilan gerak dasar lari jarak pendekpada siswa kelas V di SDN 13 Kabila. Penelitian ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil kemampuan siswa dari awal 53,35%, kemudian dimulai pada siklus I mencapai 67,35%, pada saat dilakukan siklus II meningkat hingga 77,05%. Jadi, hipotesis yang berbunyi “Jika metode modeling digunakan pada pembelajaran lari jarak pendek, maka penguasaan gerak dasar lari jarak pendek meningkat”. Maka dapat disimpulkan bahwa metode modeling dapat meningkatkan keterampilan gerak dasar lari jarak pendek, dan dengan menerapkan metode modeling juga memberikan dampak yang nyata / signifikan terhadap keterampilan gerak dasar lari jarak pendek pada siswa kelas V di SDN 13 Kabila.Kata Kunci :    Gerak Dasar Lari Jarak Pendek, Metode Modeling.

Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011