ESSAY

Writer / NIM
GIOFANDI SAMIN / 831412037
Study Program
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. HARIADI SAID, M.Si / 0016036104
Advisor 2 / NIDN
RUSLAN / 0017087802
Abstract
ABSTRAK Giofandi Samin, 831412037, 2016. " Hasil Belajar Keterampilan Servis Forehand DalamPermainan Tenis Meja PadaSiswa SMPNegeri 8 Gorontalo(Study EksperimentModel Pembelajaran Student Team Achievement Divisions).Di bawah bimbingan Prof. Dr. H. Hariadi Said, M.S selaku pembimbingI dan Ruslan S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 8 Gorontalo, penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran cooperative type student team achievement divisions terhadap peningkatan hasil belajar keterampilan servis forehand pada olahraga tenis meja pada siswa putra kelas VIII-5 SMP Negeri 8 Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 18 kali pertemuan. Obyek penelitian kelas VIII-5 dengan jumlah siswa 17. Berdasarkan hasil penelitian pre-test menunjukkan skor tertinggi 16 dan skor yang terendah 8. Setelah dilakukan analisis diperoleh nilai rata-rata 207 dan nilai standar deviasi 2.12 dan varians 4.529. Sedangkan pada hasil penelitian post-test menunjukkan skor tertinggi 23 dan skor terendah 16. Setelah dilakukan analisis diperoleh nilai rata-rata 324 dan standar deviasi 2.01 serta varians 4.058. Sedangkan pengujian hasil pre-test dan post-test menunjukkan harga thitung sebesar 18.59. Sedangkan dari daftar distribusi diperoleh harga ttabel 1,746. Ternyata harga thitung telah lebihbesar darittabel.Dapatdisimpulkanbahwa model pembelajaran cooperative type (STAD) memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap hasil belajar Keterampilan servis forehand pada siswa putra kelasVIII-5 SMP Negeri 8 Gorontalo. Kata Kunci: Servis Forehand, Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD)
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011