ESSAY

Writer / NIM
NASPRAM ADAM / 831412075
Study Program
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Advisor 1 / NIDN
Dr ASRY SYAM, S.Pd, M.Pd / 0006067607
Advisor 2 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Abstract
Abstrak Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini adalah kurangnya hasil belajar siswa dalam melakukan pukulan forehand pada permainan tenis meja, sehingga penelitian ini bertujuan untuk meningkatka hasil belajar siswa dalam melakukan pukulan forehand melalui model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pukulan forehand melalului model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament pada permainan tenis meja kelas X TPHP SMK Negeri 1 Limboto. Hipotesis tindakan yakni terjadi peningkatan hasil belajar pukulan forhend melalui model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament. Dengan indikator kinerja rata-rata terjadi peningkatan hasil belajar pukulan forehand melalui model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) Pada permainan tenis meja kelas X TPHP SMK Negeri 1 Limboto, sebagai indikator yang ditetapkan yakni 80% siswa mendapat nilai minimal 80-100 maka penelitian ini tidak dilanjutkan pada siklus selanjutnya karena dianggap selesai dan berhasil. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Permainan Tenis Meja Kelas X TPHP SMK Negeri 1 Limboto dapat meningkatkan hasil belajar pukulan forehand siswa sehingga model pembelajaran kooperatif tipe teams games tornament dapat diterapkan disekolah. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Limboto kelas X TPHP, dengan jumlah 20 siswa, yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, dan instrument yang digunakan pada penelitian ini menggunakan lembar pengamamatan kegiatan belajar siswa, adapun aspek-aspek yang dinilai pada lembar pengamatan kegiatan belajar yaitu : a) sikap awal, b) sikap pelaksanaan, c) sikap ahir. Dari analisis data menunjukkan pada siklus I rata-rata kemampuan siswa dalam melakukan Forehand 58.75%. untuk semua aspek dari seluruh siswa yang dikenai tindakan, rata-rata ini menunjukan bahwa penelitian belum berhasil. Oleh karena itu akan dilanjutkan pada siklus II, aspek-aspek pengamatan yang belum terlaksana dengan baik akan diperbaiki pada siklus II ini. Siklus II ini menunjukkan hasil nilai dengan rata-rata 77.1%, untuk masing-masing aspek. Dari hasil siklus II ini juga masih belum memenuhi indikator kinerja, sehingga akan dilanjutkan dengan siklus selanjutnya yaitu siklus III. Pada siklus III ini menunjukan hasil nilai rata-rata 85.1% dari semua aspek. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam melakukan pukulan forehand dalam permainan tenis meja. Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT), Pukulan Forehand.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011