ESSAY

Writer / NIM
SULFINA OLII / 831412096
Study Program
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Advisor 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Advisor 2 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Abstract
Abstrak Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Kelas yang di laksanakan tindakan adalah kelasVIII dengan jumlah siswa 24 siswa dengan kemampuan yang berbeda-beda. Dari hasil observasi awal diatas maka dapat diketahui bahwa Teknik dasar lempar lembing gaya jingkat (Hop Step) bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Telaga menunjukan kriteria kurang, hal ini dapat dilihat dari perolehan skor rata-rata penguasaan siswa tentang Teknik dasar lempar lembing gaya jingkat (Hop Step) meliputi teknik memegang lembing 59 %, teknik awalan 57,3%, teknik melempar lembing 63,8% dan gerakan ikutan 57,6 % dengan skor rata-rata keseluruhan 59.42 % berada pada kriteria kurang. Adapun tujuan penelitian ini adalah Meningkatkan Teknik Dasar Lempar Lembing Gaya Jingkat ( Hop Step ) Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Pada hasil siklus I yaitu meliputi teknik memegang lembing 67,9 %, teknik awalan 73.2 %, teknik melempar lembing 76.06 % dan gerakan ikutan 71.04 % dengan skor rata-rata keseluruhan 72,27 % berada pada kriterian penilaian baik. Lanjut pada siklus II keterampilan teknik dasar Lempar lembing gaya jingkat siswa rata-rata meningkat. Hal ini dapat diperhatikan pada indikator kinerja yang diharapkan, dimana seluruh siswa telah terampil dalam melakukan seluruh komponen indikator yang diharapkan sebesar 80%. Dengan hasil analisis data tersebut maka hipotesis tindakan teruji kebenarannya yaitu : jika melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw maka keterampilan teknik dasar Teknik Dasar Lempar Lembing Gaya Jingkat ( Hop Step ) Melalui Model Pembelajran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Telaga dapat diterima dan dapat ditingkatkan. Kata Kunci : Lempar Lembing Gaya Jingkat (Hop Step) melalui model pembelajran kooperatit tipe jigsaw Abstract This classroom action research conducted at SMP Negeri 1 Ponds district of Gorontalo. Classes are implemented action is kelasVIII by the number of students 24 students with different abilities. From the results of preliminary observations above it can be seen that the basic technique javelin style hopscotch (Hop Step) for class VIII SMP Negeri 1 Ponds show less criteria, it can be seen from the acquisition of the average score of students' mastery of basic technique javelin style hopscotch (Hop Step) include engineering holds the javelin 59%, 57.3% prefix technique, javelin throwing technique 63.8% and 57.6% follow movements with an overall average score of 59.42% at less criteria. The purpose of this study is Improving Basic Technique Javelin Style hopscotch (Hop Step) Through Cooperative Learning Model Jigsaw. On the results of the first cycle that includes the technique holds the javelin 67.9%, 73.2% prefix technique, technique javelin throwing 76.06% and 71.04% followup movement with an overall average score of 72.27% at kriterian good ratings. Further the second cycle of basic engineering skills Javelin Throw hopscotch style average student increases. It can be noted on the expected performance indicators, which all students were skilled in all components of the indicator which is expected by 80%. With the results of the data analysis, the hypothetical action verified that: if the model through the Cooperative Learning Type Jigsaw of the skills of basic techniques Basic Technique Javelin Style hopscotch (Hop Step) Through Model pembelajran Cooperative type Jigsaw Students of Class VIII SMP Negeri 1 Ponds acceptable and can be improved. Keywords : Javelin Style hopscotch (Hop Step) through a jigsaw-type learning model kooperatit
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011