ESSAY

Writer / NIM
RUSLAN S. NGENTU / 831412103
Study Program
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Advisor 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Advisor 2 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Abstract
ABSTRAK Ruslan S. Ngentu / 831412103 Meningkatkan Keterampilan Lari Jarak Pendek Melalui Model Pembelajaran Direct Instruction Pada Siswa Kelas VII 5 SMP Negeri 1 Telaga. Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd, M.Pd selaku Pembimbing I dan Drs. Sarjan Mile, Ms. Selaku Pembimbing II. Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran lari jarak pendek. Cara pemecahannya dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan keterampilan lari jarak pendek melalui Model Pembelajaran Direct Instruction Pada siswa kelas VII 5 SMP Negeri 1 Telaga, Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran direct instruction dalam pembelajaran yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Telaga 2016/2017. Hasil penelitian ini terbukti signifikan, dimana terjadi peningkatan dengan presentase 100% melebihi indikator kinerja yang ditentukan 80% setelah dilakukan tindakan dalam 2 siklus dari jumlah keseluruhan siswa yang dikenai tindakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan siswa dalam melakukan lari jarak pendek meningkat setelah diberikan tindakan dan mencapai hasil sesuai dengan apa yang diharapkan yakni rata-rata nilai 56,94% pada observasi awal, siklus 1 meningkat sebesar 13,54% menjadi 70,84% dan siklus 2 meingkat sebesar 11,11% menjadi 81,59%. Dengan demikian maka penelitian dianggap selesai. Berdasarkan data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa: Melalui Model Pembelajaran Direct Instruction keterampilan Lari Jarak Pendek siswa kelas VII 5 SMP Negeri 1 Telaga meningkat dan dapat diterima. Kata Kunci: Lari Jarak Pendek, Direct Instruction, Siswa Kelas VII 5 SMP Negeri 1 Telaga.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011