ESSAY

Writer / NIM
SUKRIYANTO USU / 831412115
Study Program
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. HARIADI SAID, M.Si / 0016036104
Advisor 2 / NIDN
MIRDAYANI PAUWENI, S.Pd / 0003058402
Abstract
INTISARI SUKRIYANTO USU. Nim 831412115. Meningkatkan kemampuan pukulan forehand drive dalam permainan tenis meja melalui model pendekatan pembelajaran explicit instruction pada siswa kelas VIII3 SMP N 1 Tilongkabila. Skripsi. Prodi S1 Penjaskesrek. Jurusan Pendidikan Keolahragaan. Fakultas Olahraga dan Kesehatan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Prof. Dr. H. Hariadi Said, M.S, dan Pembimbing II, Mirdayani Pauweni, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian tindakan kelas adalah rendahnya kemampuan siswa dalam melakukan pukulan forehand drive. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan pukulan forehand drive dalam permainan tenis meja melalui model pendekatan pembelajaran explicit instruction pada siswa kelas VIII3 SMP N 1 Tilongkabila. Hipotesis tindakan yaitu jika melalui model pendekatan pembelajaran explicit instruction maka kemampuan pukulan forehand drive dalam permainan tenis meja kelas VIII3 SMP N 1 Tilongkabila dapat meningkat. Indikator kinerja apabila kemampuan siswa kelas VIII3 SMP N 1 Tilongkabila pada pukulan forehand drive dalam permainan tenis meja melalui model pendekatan pembelajaran explicit instruction dapat meningkat Minimal 78% maka penelitian dinyatakan selesai. Kesimpulan dalam penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMP N I Tilongkabila dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII3 dengan jumlah siswa 26 orang, yang terdiri 15 laki-laki dan 11 perempuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa, serta evaluasi terhadap materi yang diajarkan pada setiap siklus kemudian dianalisis secara kuantitatif, berdasarkan analisis data diketahui terjadi peningkatan yang signifikan rata rata kemampuan pukulan forehand drive siswa yakni pada observasi awal 51.07% setelah di adakan tindakan siklus I terjadi peningkatan 19.02% menjadi 70.09% dan pada siklus II terjadi peningkatan 11.21% menjadi 81.30%. Dengan demikian maka penelitian dinyatakan selesai karena telah mencapai indikator kinerja yaitu 78%. Jadi hipotesis yang dinyatakan, jika melalui model pendekatan pembelajaran explicit instruction maka kemampuan pukulan forehand drive dalam permainan tenis meja kelas VIII3 SMP N 1 Tilongkabila dapat meningkat, dan diterima. Kata Kunci: Pukulan Forehand Drive, Model Pendekatan Pembelajaran Explicit Instruction
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011