ESSAY

Writer / NIM
ANISSA SALSADILA PUTRI TOBUHU / 831412157
Study Program
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Advisor 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Advisor 2 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Abstract
ABSTRAK Anissa S.P Tobuhu, 2017. Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achiement Divisions (STAD) Terhadap Teknik Dasar Lompat Jauh Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri I Telaga. Pembimbing I Drs. Ahmad Lamusu, M.Pd, Pembimbing II Risna Podungge, S.Pd, M.Pd. Jurusan Pendidikan Keolahragaan. Fakultas Olahraga dan Kesehatan. Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini dilakukan untuk meneliti pengaruh penggunaan metode belajar tipe STAD terhadap peningkatan penguasaan teknik dasar lompat jauh peningkatan pada siswa Kelas VII di SMP Negeri I Telaga. Adapun jumlah sampel sebanyak 22 orang selama 2 bulan dengan volume latihan 4 kali dalam seminggu dan menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pre test and post test design. Setelah dilakukan analisis data statistic penelitian baik uji normalitas maupun homogenitas datanya normal dan berasal dari populasi yang homogeny. selanjutnya hasil penelitian uji t diperoleh harga thitung untuk Variabel Y adalah 18.33 dan hasil tdaftar 1.729 dengan kriteria pengujian Terima H0, jika : £--t£-_((1-12 ) )tt_((1-12 ) ) dengan taraf nyata = 0,05 dan dk = n_1+ n_2-2. Jadi, H0 ditolak dan Ha di terima karena 18.33 berada pada daerah penerimaan Ha. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achiement Divisions (STAD) memberikan pengaruh terhadap kemampuan teknik dasar lompat jauh pada siswa kelas VII SMP Negeri I Telaga. Kata Kunci : Metode belajar tipe STAD, Teknik dasar lompat jauh
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011