ESSAY

Writer / NIM
RIZKY APRIYANTO R. HAPPY / 831412162
Study Program
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Advisor 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Advisor 2 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Abstract
ABSTRAK Rizky Apriyanto R. Happy. 2012. NIM 831 412 162. ..."Meningkatkan Gerak Dasar Lempar Cakram Gaya Menyamping Melalui Model Pembelajaran Explicit Instruction Pada Siswa Kelas VII2 SMP Negeri 1 Telaga. Program Studi S1 Penjaskesrek. Jurusan Pendidikan Keolahragaan. Fakultas Olahraga dan Kesehatan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Drs. Sarjan Mile, MS. Masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa tidak dapat melakukan gerak dasar lempar cakram gaya menyamping dengan baik dan benar. Cara pemecahan masalah, dengan menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan gerak dasar lempar cakram gaya menyamping melalui model pembelajaran explicit instruction pada siswa kelas VII2 SMP Negeri 1 Telaga. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction pada siswa kelas VII2 SMP Negeri 1 Telaga. Hasil penelitian ini terbukti signifikan, dimana terjadi peningkatan dengan melebihi indikator kinerja yang telah ditentukan 75% setelah dilakukan tindakan dalam 2 siklus dari jumlah siswa sebanyak 24 orang yang terdiri dari 12 orang putra dan 12 orang putri yang dikenai tindakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa gerak dasar lempar cakram gaya menyamping meningkat setelah diberi tindakan dan mencapai hasil sesuai dengan apa yang diharapkan yakni, nilai rata-rata pada observasi awal sebesar 47,22%, pada siklus I meningkat sebesar 15,97% menjadi 63,19%, dan pada siklus II meningkat sebesar 14,93% menjadi 78,12%, dengan demikian maka penelitian dianggap selesai. Berdasarkan uraian tersebut maka dapat disimpulkan dalam penelitian tindakan kelas ini jika model pembelajaran explicit instruction digunakan dalam pembelajaran penjas khususnya tentang lempar cakram, maka gerak dasar lempar cakram gaya menyamping pada siswa kelas VII2 SMP Negeri 1 Telaga dapat meningkat. Kata Kunci : Lempar Cakram Gaya Menyamping, Model Pembelajaran Explicit Instruction, Siswa kelas VII2 SMP
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011