ESSAY

Writer / NIM
MOH. RULI HAIRUL / 831412166
Study Program
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Advisor 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Advisor 2 / NIDN
Dr MEYKE PARENGKUAN, M.Pd / 0003047906
Abstract
ABSTRAK MOH. RULI HAIRUL NIM. 831412166.âMeningkatkan Hasil Belajar Chess Pass Melalui Model Pembelajaran Cooperative Tipe STAD Pada Siswa Kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolangoâ. Masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah dengan model pembelajaran Kooperative Tipe STAD upaya meningkatkan hasil belajar Chess Passsiswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Kabila dapat meningkat? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Chess Pass pada permainan bola basket di kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Kabila. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMA Negeri 1Kabila. Berdasarkan hasil penelitian dapat menyimpulkan yaitu metode cooperative Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar Chess Pass. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan yang signifikan dalam peneltian ini. Pada observasi awal rata-rata capaian siswa hanya mencapai nilai 32,4. Setelah diberikan tindakan lanjutan pada siklus I memperoleh peningkatan sebesar 17,28 menjadi 49,69. Selanjutnya diberikan tindakan pada siklus II dan mengalami peningkatan sebesar 20,06 menjadi 69,75. Hal ini belum memenuhi ekspektasi peneliti yang menetapkan indikator kinerja 80 %. Dengan demikian maka di lanjutkan ke tindakan pada siklus III dan mengalami peningkatan sebesar 20,99 menjadi 90,74. Hal ini memenuhi ekspektasi peneliti yang menetapkan indikator kinerja 80%. Dengan demikian maka hipotesis yang telah di ajukan yaitu âjikamenggunakanmetodecooperative Tipe STAD dalam prosespembelajaranmaka hasil belajar siswakelasX SMANegeri1 Kabila dalammelakukanChess Pass akanmeningkatâ dapat diterima. Kata Kunci : Bola Basket, Chess Pass, Metode Cooperative Tipe STAD
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011