ESSAY

Writer / NIM
FEBRIANTO PADUO / 831412226
Study Program
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Advisor 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Advisor 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstract
ABSTRAK Febrianto Paduo. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Keterampilan Servis Bawah Dalam Permainan Bolavoli Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Suwawa. Skripsi, Program Studi Penjaskes-Rek, Fakultas Olahraga Dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Sarjan Mile, M.S, dan Pembimbing II Suriyadi Datau, S.Pd, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini sebagai berikut : Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap ketrampilan servis bawah dalam permainan bola voli pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Suwawa? Tujuan dari penelitian adalah untukuntuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap keterampilan servis bawah dalam permainan bola voli pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Suwawa.Hipotesis penelitian ini adalah ..."ada Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif TipeStudent Teams-Achievement Division (STAD) Terhadap Keterampilan Servis Bawah Dalam Permainan Bolavoli Pada SiswaKelas X SMA Negeri I Suwawa.Sampel adalah sebagai bagian dari populasi, dan kelas yang berjumlah 30 orang didalamnya terdapat siswa putra berjumlah 15 orang dan siswa putri 15 orang. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t menghasilkan thitung sebesar 27.76Sedangkan dari daftar distribusi diperoleh harga ttabel 2.76. Ternyata harga thitunglebih besar dari ttabel. Sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan servis bawah dalam permainan bolavoli. Penelitian menjawab hasil dari hipotesis yang diajukan dan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD memberikan pengaruh terhadap keterampilan servis bawah dalam permainan bolavoli pada siswa SMA Negeri 1 Suwawa. Kata Kunci : STAD,Servis Bawah, Permainan Bolavoli
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011