ESSAY

Writer / NIM
DJAMALUDIN KATILI / 831412257
Study Program
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Advisor 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Advisor 2 / NIDN
MARSA LIE TUMBAL, S.Pd M.Pd / 0023047603
Abstract
ABSTRAK Djamaludin Katili, 2014. Nim 831412257.Meningkatkan Teknik DasarLompat Jauh Gaya jongkok Melalui Metode Demostrasi Pada SiswaKelas VIIb SMP Negeri I Telaga, Pembimbing I Risna Podungge S.Pd M.Pd, Pembimbing II Marsa Lie Tumbal S.Pd M.Pd Program studi S1 pendidikan jasmni kesehatan olahraga dan rekreasi. Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Permasalahan yang dapat dirumuskan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah, apakah melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan teknik dasar lompat jauh gaya jongkok pada siswa dikelas VIIb SMP Negeri I Telaga, dengan demikan maka tujuan penelitian ini adalah meningkatkan teknik dasar lompat jauh gaya jongkok melalui metode demonstrasi pada siswa dikelas VIIb SMP Negeri I Telaga, selanjutnya penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri I Telagayang berjumlah 36 orang terdiri dari 20 orang putra dan 16 orang putri. Adapun indikator kinerja dalam penelitian ini adalah apabila kemampuan dalam menguasai teknik dasar lompat jauh gaya jongkok pada siswa dikelas VIIb SMP Negeri I Telaga dapat ditingkatkan minimal 75% dari jumlah keseluruhan siswa yang dikenai tindakan, maka penelitian ini dinyatakan selesai dan berhasil Berdasarkan deskripsi hasil penelitian diketahui data awal siswa dari ke empat aspek yang diamati diperoleh hasil 52,81% masuk dalam kategori kurang hasil ini membuktikan bahwa ketuntasan belajar siswa mengenai teknik dasar lompat jauh gaya jongkok belum sesuai dengan harapan yakni indikator 75%, dari hasil tersebut dilakukan penelitian pada siklus I dikenai tindakan sebanyak tiga kali dan satu kali evaluasi, berdasarkan tindakan siklus I diperoleh hasil sebesar 60,90% masuk pada kategori cukup. Hasil ini membuktikan bahwa terjadi peningkatan dari hasil observasi ke siklus I sebesar 8,09% meskipun demikian namun hasil ini belum mencapai indikator, sehingga penelitian dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus ini terjadi peningkatan yang signifikan hingga mencapai 75,64% melibihi indikator 75% Hasil ini membuktikan bahwa terjadi peningkatan dari hasil siklus I ke siklus II sebesar 14,74%. Selanjutnya melihat capaian pada siklus II telah mencapai indikator maka dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi ini telah menuai keberhasilan yang signifikan, dengan demikian hipotesis penelitian tindakan kelas ini dinyatakan: melalui metode demonstrasidapat meningkatkan teknik dasar siswa kelas VIIb SMP Negeri I Telaga dalam melakukan lompat jauh gaya jongkok dan dapat diterima. Kata Kunci : Lompat Jauh Gaya Jongkok, Metode Demonstrasi
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011