ESSAY

Writer / NIM
MOHAMAD DANIL IMRAN / 831412267
Study Program
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Advisor 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Advisor 2 / NIDN
Dr MEYKE PARENGKUAN, M.Pd / 0003047906
Abstract
Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stad dapat meningkatkan keterampilan drible bola pada permainan bola basket pada siswa VIII 2 SMP Negeri 2 Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujan untuk meningkatkan keterampilan siswa SMP Negeri 2 Gorontalo dalam melakukan drible bola pada permainan bola basket, dengan indikator kinerja 80% siswa telah menunjukan peningkatan dalam melakukan drible bola pada permainan bola basket dengan kategori 70-84%. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa SMP Negeri 2 Gorontalo yang berjumlah 20 orang, 11 putra dan 9 putri. Pengambilan data di lakukaan dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan guru, serta evaluasi atas materi yang diajarkan pada setiap siklus kemudian data analisis baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Berdasarkan analisis data diketahui terjadi peningkatan rata-rata kemampuan drible bola basket; pada observasi awal rata-rata kemampuan siswa dalam melakukan drible bola basket sebesar 56,25% setelah diadakan tindakan siklus satu terjadi peningkatan sebesar 14,16% menjadi 70,41% dan pada tindakan siklus dua diperoleh hasil capaian sebesar 81,25% atau terjadi peningkatan sebesar 10,84% dengan demikian rata-rata peningkatan dari observasi awal sampai pada siklus dua sebesar 25% jadi hipotesis yang berbunyi menggunakan model pembelajar kooperatif tipe stad maka keterampilan drible bola pada permainan bola basket pada siswa kelas VIII 2 SMP Negeri 2 Gorontalo akan meningkatdapat diterima. Jika model pembelajaran Kooperatif Tipe Stad dilakukan dalam penelitian ini maka keterampilan drible bola pada permainan bola basket meningkat. Kata Kunci : Bola Basket keterampilan drible bola, dan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011