ESSAY

Writer / NIM
PARIDA V. GOBEL / 831412269
Study Program
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Advisor 1 / NIDN
Dr AISAH R POMATAHU, mkes / 0020055808
Advisor 2 / NIDN
ZULKIFLI LAMUSU, S.Pd. M.Pd / 0025078304
Abstract
PARIDA VAN.GOBEL / NIM 831412269 "Pengaruh model pembelajaran Type Mkae A Match Terhadap Hasil Belajar Passing Dalam Permainan Bola Basket Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Gorontalo". Skripsi Program Studi S1 Penjaskesrek, Jurusan Pendidikan Keolahragaan, Fakultas Olharga Dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Dr. Hj. Aisah R. Pomatahu Dra., M.Kes Selaku Pembimbing 1 dan Zulkifli A. Lamusu S.Pd, M.Pd Selaku Pembimbing 11. Masalah dalam penelitian ini adalah Siswa-siswa belum memahami teknik melakukan gerakan passing pada permainan bola basket. Cara pemecahannya dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Type Make A Match dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Type Make A Match terhadap peningkatan hasil belajar passing pada permainan bola basket siswa kelas VII SMP Negeri 8 Gorontalo. Dalam penelitian ini jumlah populasi 320 dan sampel berjumlah 25 orang pada siswa kelas VII SMP Negeri 8 Gorontalo. Berdasarkan hasil penelitian pre-test menunjukkan skor tertinggi 72.58 dan skor yang terendah 50. Setelah dilakukan analisis diperoleh nilai rata-rata 63,06 dan nilai standar deviasi 5,1129 dan varians 26.1415. Sedangkan pada hasil penelitian post-test menunjukkan skor tertinggi 93 dan skor terendah 75. Setelah dilakukan analisis diperoleh nilai rata-rata 81,8 dan standar deviasi 4,5235 serta varians 20.4624. Hal ini menunjukkan bahwa responden yang menjadi sampel dalam penelitian ini memperoleh peningkatan hasil rata-rata dari tes awal sampai tes akhir dengan selisih peningkatan dari hasil Pre-test dan post-test sebesar 18,74. Dari hasil pengujian hasil pre-test dan post-test menunjukkan harga thitung sebesar 15.36. Sedangkan dari daftar distribusi diperoleh harga tdaftar = 0,05; n-1= 1.711. Ternyata harga thitung telah berada di dalam daerah penerimaan HA. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa HA diterima dan tidak dapat menerima Ho. Jadi dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Type Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar Passing bola basket, Siswa Kelas VII-4 SMP Negeri 8 Gorontalo. KATA KUNCI : Passing Pada Permainan Bola Basket, Metode Type Make A Match
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011