ESSAY

Writer / NIM
RAHMAT A. LABANTU / 831413020
Study Program
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Advisor 1 / NIDN
Dr AISAH R POMATAHU, mkes / 0020055808
Advisor 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstract
ABSTRAK Rahmat A. Labantu. 2017. Pengaruh Metode Direct Instruction Terhadap Kemampuan Roll Depan Siswa Putra Kelas XI SMA Negeri 1 Kabila. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh metode direct instruction terhadap kemampuan roll depan siswa putra kelas XI SMA Negeri 1 Kabila? Penelitian ini bertujuan untuk menguji kemampuan roll depan siswa dengan menggunakan metode direct instruction. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa putra kelas XI SMA Negeri 1 Kabila yang berjumlah 16 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian yaitu dengan teknik random sampling yaitu, secara acak. Desain penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah one group pre test atau tes awal ( X1 ) dan post test atau tes akhir ( X2 ). Instrumen dalam penelitian ini adalah instrumen tes unjuk kerja roll depan. Untuk menguji hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh metode direct instruction terhadap kemampuan roll depan. Teknik statistik yang di gunakan untuk menguji hipotesis adalah uji - t. Uji ini di lakukan setelah selesai melakukan uji normalitas data dan uji homogenitas data. Berdasarkan hasil penelitian tes awal (X1) diperoleh nilai rata - rata sebesar 6,086 nilai varians 0,14156 dan standar deviasinya 0,37624. Untuk tes akhir (X2) diperoleh nilai rata- rata sebesar 12,521 nilai varians 0,07154 dan standar deviasinya 0,26746. Adapun nilai rata - rata peningkatan dari tes awal sampai tes akhir yaitu 6,435. Dari hasil analisis dan pengujian untuk variabel kemampuan roll depan menunjukkan harga t_hitung sebesar 9,676 sedangkan dari daftar distribusi diperoleh harga t_daftar sebesar 1,753. Berdasarkan hasil penelitian, maka disimpulkan terdapat pengaruh metode direct instruction terhadap kemampuan roll depan pada siswa putra kelas XI SMA Negeri 1 Kabila. Kata Kunci: pengaruh metode direct instruction, kemampuan roll depan. ABSTRACT Rahmat A. Labantu. 2017. The Influence of Direct Instruction Methods to Roll Front Student Capability of Class XI SMA Negeri 1 Kabila. The problem in this research is how big influence of direct instruction method to the ability of roll front of student of class XI SMA Negeri 1 Kabila? This study aims to test the ability of the student's front roll by using direct instruction method. The sample in this research is the students of class XI SMA Negeri 1 Kabila which amounted to 16 people. Sampling in the research is by random sampling technique that is, randomly. Research design used by the researcher is one group pre test or initial test (X1) and post test or final test (X2). Instruments in this study is a front roll performance test instrument. To test the research hypothesis which states that there is influence of direct instruction method to the ability of roll front. The statistical technique used to test the hypothesis is t-test. This test is done after completion of the test data normality and homogeneity test data. Based on the result of preliminary test (X1), the average value of 6,086 variance value 0,14156 and deviation standard is 0,37624. For the final test (X2) obtained an average value of 12,521 values of variance 0.07154 and standard deviation 0.26746. The average value of the increase from the initial test until the final test is 6.435. From result of analysis and test for variable of roll front ability show price tcount equal to 9,676 while from distribution list obtained ttable price equal to 1,753. Based on the result of the research, it can be concluded that there is influence of direct instruction method to the ability of roll front of the students of class XI SMA Negeri 1 Kabila. Keywords: influence of direct instruction method, front roll capability.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011